DPKP Flotim salurkan bantuan alat pertanian bagi petani

id pertanian, pompanisasi, alat pertanian, alsintan, bantuan, kementerian pertanian, kementan, dinas pertanian, flores timu

DPKP Flotim salurkan bantuan alat pertanian bagi petani

Pemkab Flores Timur menyalurkan bantuan alat pertanian dari Kementerian Pertanian RI bagi petani di Flores Timur, NTT, Jumat (14/6/2024). (ANTARA/HO-Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Flores Timur)

Ini bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI, untuk Flores Timur dialokasikan Upsus Pompanisasi bagi lima desa...
Kupang (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT),  menyalurkan bantuan alat pertanian bagi petani di lima desa dalam program upaya khusus (Upsus) pompanisasi.

"Ini bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI, untuk Flores Timur dialokasikan Upsus Pompanisasi bagi lima desa," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Flores Timur Sebast Sina Kleden ketika dihubungi dari Kupang, Selasa, (25/6/2024).

Lima desa penerima bantuan Upsus itu yakni Desa Boru dan Nawokote di Kecamatan Wulanggitang, Desa Aransina dan Latonliwo di Kecamatan Tanjung Bunga, serta Desa Bloto di Kecamatan Adonara Timur.

Masing-masing desa mendapatkan paket satu unit traktor roda dua dan mesin pompa air.

Ia menjelaskan bantuan alat pertanian itu nantinya dimanfaatkan oleh kelompok tani dan kelompok masyarakat pada lima desa.

Bantuan itu pun diberikan pada desa yang memiliki sumber air alternatif, sehingga sistem pompanisasi dapat membuat air dialirkan ke lahan pertanian untuk ditanami Padi Gogo.

Ia pun berharap bantuan itu dapat menjadi stimulan agar petani bisa menanam padi gogo minimal dua kali setahun dengan luas tanam yang bertambah.

"Sekarang sedang pengolahan lahan 10 hektare, diharapkan bisa bertambah minimal 20 hingga 40 hektare," ucapnya.

Sebast mengatakan bantuan dari pemerintah pusat itu telah disalurkan kepada penerima manfaat.

Ia pun optimis ada peningkatan produksi dengan bantuan yang diberikan.

"Sehingga produksi bertambah, pendapatan petani meningkat, dan ketahanan pangan stabil," katanya.

Baca juga: Pemkab Manggarai Timur salurkan pompa air bantu petani tadah hujan

Baca juga: Distan Malaka: 503 hektare lahan petani terdampak banjir





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: DPKP Flores Timur salurkan bantuan alat pertanian bagi petani