Dua desa di Kabupaten Kupang bangun pariwisata dengan dana desa

id PANTAI INDAH

Dua desa di Kabupaten Kupang bangun pariwisata dengan dana desa

Pantai Tub Afu di Desa Niukbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur memiliki pesona alam yang indah telah menjadi salah satu destinasi wisata unggulan setelah dikelola dengan dengan ADD.(ANTARA FOTO/Benny Jahang)

Dua desa di Kabupaten Kupang telah berinisiatif menggunakan alokasi dana desa (ADD) untuk membangun potensi pariwisata di desanya dalam upaya mempercepat pembangunan ekonomi masyarakat desa.
Kupang (ANTARA) - Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe mengapresiasi dua desa di kabupaten tersebut yang telah berinisiatif menggunakan alokasi dana desa (ADD) untuk membangun potensi pariwisata di desanya dalam upaya mempercepat pembangunan ekonomi masyarakat desa.

"Kami memberi apresiasi terhadap upaya dua desa di Kabupaten Kupang yang telah berinisiatif menggunakan dana desa untuk pembangunan sektor pariwisata, sebagai langkah postif dalam mempercepat pembanguann ekonomi masyarakat desa," kata Jerry Manafe di Kupang, Senin (15/7).

Dua desa di Kabupaten Kupang yang melakukan inovasi pengembangan pariwisata dengan dana desa itu, yakni Desa Mata Air di Kecamatan Kupang Tengah, mengembangkan potensi wisata Pantai Sulamanda.

Sedang, Desa Nekbaun, Kecamatan Amarasi Barat mengembangkan potensi wisata alam Pantai Tub Afu di selatan Pulau Timor sebagai destinasi wisata unggulan. Dua lokasi wisata itu saat ini telah menjadi lokasi wisata bagi warga Kota Kupang maupun Kabupaten Kupang pada saat hari libur.

Wakil Bupati Jerry Manafe mengatakan, wilayah Kabupaten Kupang yang berbatasan dengan wilayah kantung (enclave) Oecusse, Timor Leste memiliki potensi wisata alam yang indah namun belum dikelola secara baik.

Baca juga: Para kepala desa harus profesional kelola dana desa

"Kepala desa harus memiliki inovasi dalam menggali potensi desa. Apabila ada potensi wisata maka gunakan sebagian dana desa itu untuk membangun pariwisata seperti dilakukan dua desa tersebut," ujarnya.

Menurut mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang itu apabila kunjungan wisatawan semakin pesat maka pemasukan untuk APBD Desa juga akan terus bertambah.

"Inovasi harus dilakukan para kepala desa dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warga desa jangan hanya fokus pada sektor pariwisata tetapi juga menggali potensi sektor lainnya, seperti pertanian, perkebunan sehingga daerah ini memiliki desa yang maju, mandiri dan sejahtera," demikian Jerry Manafe.

Baca juga: Alokasi dana desa untuk bangun rumah layak huni
Baca juga: Dana desa bisa digunakan untuk bayar insentif tenaga medis
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar