TNI gelar Ziarah dan tabur bunga di Dharma Loka Jelang HUT ke-74 TNI

id TMP

TNI gelar Ziarah dan tabur bunga di Dharma Loka Jelang HUT ke-74 TNI

Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Syaiful Rahman (kedua kiri), Danlantamal VII Kupang Laksamana Pertama IG Kompiang A, (kedua kanan) Danlanud Kupang Kolonel (Pnb) Agus Setiawan (kanan) dan Dandim Kupang Kol ARH I Made Kusuma Dhyana Graha saat menabur bunga di TMP Dharma Loka Kupang, Rabu (2/10). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Para prajurit TNI yang bertugas di Kota Kupang, Rabu (2/10) menggelar ziarah dan tabur bunga bersama di TMP Dharma Loka Kupang dalam rangka menyambut HUT ke-74 TNI yang akan diperingati pada Sabtu (5/10).
Kupang (ANTARA) - Para prajurit TNI-AD, TNI-AU dan TNI-AL yang bertugas di Kota Kupang, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar ziarah dan tabur bunga bersama di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Loka Kupang dalam rangka menyambut HUT ke-74 TNI yang akan diperingati pada Sabtu (5/10).

Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Syaiful Rahman usai ziarah ke TMP itu, Rabu (2/10), mengatakan kegiatan ziarah tersebut bagian dari rangkaian kegiatan TNI jelang HUT-nya ke-74 pada 5 Oktober 2019.

"Sebelum-sebelumnya kita sudah lakukan kegiatan lain, seperti bakti sosial, pameran alutista dan lainnya. Dan hari ini sebagai penghormatan kami kepada para pahlawan kami datang untuk memberi hormat kepada mereka," katanya.

Di acara ziarah itu, hadir pula Komandan Lantamal VII Kupang Laksamana Pertama TNI I.G. Kompiang Aribawa dan Komandan Lanud El Tari Kupang Kolonel Pnb Agus Setiawan.

Baca juga: Reformasi birokrasi TNI cara untuk meningkatkan profesionalisme
Baca juga: Siapapun yang berani menggagalkan pelantikan presiden, akan berhadapan dengan TNI


Jenderal berbintang satu itu mengatakan dengan kunjungan ziarah dan tabur bunga bersama itu dapat memberikan motivasi kepada para prajurit untuk tetap memperjuangkan apa yang sudah dilakukan oleh para pahlawan saat berjuang mempertahankan kemerdekaan RI.

Ia mengatakan memang benar jika setiap tahun jelang HUT TNI selalu ada ziarah bersama ke TMP, namun dari hasil ziarah bersama itu diharapkan juga perbaikan kinerja TNI, salah satunya adalah peningkatan profesionalisme TNI kepada masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ziarah bersama itu tidak hanya ditujukan kepada para prajurit, tetapi juga mempunyai pesan kepada generasi muda bangsa ini. "NTT mempunyai banyak sekali pahlawan di jaman kemerdekaan, salah satunya adalah pahlawan Son Bay," tutur dia.

Masyarakat, khususnya generasi muda sedikit demi sedikit belajar bagaimana perjuangan pahlawan dari NTT Son Bay sehingga kelak nilai-nilai perjuangannya dapat digunakan sebagai pedoman untuk mengisi kemerdekaan RI ini.

Baca juga: Artikel - Menganyam kemanunggalan TNI-Rakyat di tepian nusantara
Baca juga: Personel Polri-TNI perlu dapatkan penghargaan dalam kasus Jakarta


Berbagai kegiatan jelang Hut TNI sudah dilakukan, mulai dari bakti sosial bersama, donor darah, aksi bersih-bersih di kota Kupang, lomba baris berbaris dan kegiatan sosial lainnya untuk menyambut Hut TNI.