AP I bantu pembangunan MCK di Pantai Lasiana

id Pantai Lasiana

AP I bantu pembangunan MCK di Pantai Lasiana

GM AP I Bandara EL Tari Kupang Barata Singgih Riwahono (tengah) memberikan secara simbolik bantuan kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Semuel Rebo disaksikan kepala Dinas Pariwisata NTT Wayan Darmawa di Kupang, Senin (16/12/2019). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

"Kami sudah bangun public restroom ini pada akhir September lalu, dan saat ini sudah selesai dan diresmikan," kata General Manager Bandara El Tari Kupang Barata Singgih Riwahono..
Kupang (ANTARA) - Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang  membangun public restroom berupa fasilitas mandi, cuci, kakus  (MCK) di Pantai Lasiana guna mendukung peningkatan sektor pariwisata di ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Kami sudah bangun public restroom ini pada akhir September lalu, dan saat ini sudah selesai dan diresmikan," kata General Manager Bandara El Tari Kupang Barata Singgih Riwahono kepada wartawan di Kupang, Senin (16/12).

Hal ini disampaikan usai meresmikan public restroom berupa MCK dan tempat basuh di kawasan wisata pantai Lasiana bersama dengan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda NTT Samuel Rebo dan Kepala Dinas Pariwisata NTT Wayan Darmaya.

Selama ini, fasilitas penunjang pariwisata di Pantai Lasiana seperti toilet hanya satu yang berada di tengah kawasan wisata yang berjarak sekitar delapan kilometer dari Bandara El Tari atau 11 km dari Kota Kupang.

Pantauan ANTARA, fasilitas yang dibangun oleh PT. Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang itu terdiri dari berbagai fasilitas seperti toilet untuk perempuan dan laki-laki, toilet khusus kaum disabilitas, ruangan bagi ibu menyusui serta tempat bilas atau shower bagi wisatawan yang ingin membasuh diri usai berwisata di Pantai Lasiana.

Barata Singgih mengatakan untuk membangun sejumlah fasilitas itu, AP I Bandara El Tari Kupang menghabiskan anggaran sekitar Rp662 juta yang pembangunannya berlangsung selama lebih dari tiga bulan.

Baca juga: Pantai Lasiana jadi pusat kuliner dan budaya
Baca juga: Pedagang kuliner Lasiana dapat keuntungan selama Lebaran
GM Bandara ElTari Kupang, PT Angkasa Pura I Barata Singgih Riwahono (tengah), Asisten Perekonomian dan Pembangunan Semuel Rebo (kiri) berbincang-bincang dengan Kepala Dinas Pariwisata NTT Wayan Darmawa saat meninjau salah satu toilet yang dibangun oleh AP I Bandara El Tari Kupang di objek wisata Pantai Lasiana, Senin (16/12/2019). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha).
Untuk proses perawatan fasilitas yang sudah diberikan oleh PT. Angkasa Pura I itu, kata dia, selama setahun pihaknya akan mengelola fasilitas yang sudah dibangun itu.

"Untuk perawatannya nanti selama setahun akan kita ambil alih dulu. Nanti batru setelah setahun kita akan serahkan ke pemerintah provinsi untuk merawat dan menjaganya kembali," ujar dia.

Barata menambahkan pembangunan public restroom di pantai Lasiana merupakan wujud kepedulian Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang terhadap sektor pariwisata di Kota Kupang.

Dengan pembangunan berbagai fasilitas pendukung di sekitar pantai Lasiana, diharapkan dapat meningkatkan pengunjung yang datang ke Kupang sehingga secara langsung mendukung aktivitas perekonomian di Kota Kupang khususnya bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Pantai Lasiana.

Barata juga berharap dengan dibangunnya fasilitas baru di Pantai Lasiana, para pengunjung dan masyarakat yang tinggal di sekitar pantai dapat turut menjaga kebersihan dan memelihara fasilitas tersebut.

Selain di pantai Lasiana, kata dia, Angkasa Pura I juga dalam rangka mendukung peningkatan pariwisata telah membangun juga fasilitas pendukung lain di kawasan wisata alam Menipo di wilayah Kabupaten Kupang.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Semuel Rebo menyampaikan apresiasi dan berterimakasih kepada Angkasa Pura I yang telah membangun public restroom dengan beragam fasilitas di Pantai Lasiana.

“Semoga dengan pembangunan public restroom ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan bermanfaat bagi warga sekitar, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan perekonomian warga. Oleh karena itu saya mengajak seluruh warga untuk menjaga fasilitas baru ini demi kepentingan bersama," ujarnya.

Ia mengatakan NTT membutuhkan banyak bantuan CSR dari berbagai perusahaan BUMN untuk membangun daerah ini. AP I Bandara El Tari Kupang juga diharapkan bisa membangun fasilitas pendukung lain di sejumlah kawasan wisata di Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: BPBD NTT gelar simulasi penanggulangan bencana di Pantai Lasiana
Baca juga: NTT lanjutkan pembangunan infrastuktur pantai Lasiana
Objek wisata Pantai Lasiana di Kota Kupang, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terus berbenah. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)