Gubernur dukung pembukaan tol laut rute Merauke-NTT

id NTT,Gubernur NTT,Kementerian Perhubungan,tol laut,Marauke Papua

Gubernur dukung pembukaan tol laut rute Merauke-NTT

Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat. ANTARA/HO-Biro Humas Setda Provinsi NTT

...Saya mendukung penuh pembukaan rute tol laut ini karena dengan ini dapat memacu pertumbuhan ekonomi di kawasan Indonesia bagian timur
Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat mendukung agar Kementerian Perhubungan membuka jalur tol laut dari Merauke, Provinsi Papua, ke NTT untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kedua daerah.

"Saya mendukung penuh pembukaan rute tol laut ini karena dengan ini dapat memacu pertumbuhan ekonomi di kawasan Indonesia bagian timur," katanya dalam siaran pers Biro Humas Setda NTT yang diterima di Kupang, NTT, Kamis, (19/8).

Gubernur mengatakan hal itu saat menerima audiensi Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Hubungan Antar Lembaga Buyung Lalana bersama pejabat Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Bharto Ari Raharjo.

Ia mengatakan dengan adanya jalur tol laut Merauke-NTT, maka pasar perdagangan berbagai komoditas bisa diperluas.

Ketika Marauke memiliki kelebihan produksi beras, kata dia, maka bisa dipasok ke NTT, demikian pula NTT juga memiliki banyak potensi yang bisa diangkut lewat tol laut untuk dipasarkan di Papua.

Gubernur Viktor mencontohkan seperti komoditas garam yang banyak diproduksi di Kabupaten Sabu Raijua dengan kualitas terbaik, namun sulit dipasarkan.

"Saya harus sampai menelepon Menteri Koordinator Bidang Perekonomian tentang hal ini. Daripada kita mengekspor garam dari luar negeri, lebih baik kita membeli garam petani yang ribuan ton ini," katanya.

Baca juga: Gubernur berharap Kemenhub tetapkan Pelabuhan Tenau untuk ekspor

Selain itu, kata dia, NTT juga memiliki potensi daging sapi, rumput laut, dan lainnya yang bisa dipasarkan ke wilayah Papua dan sekitar melalui tol laut.

Baca juga: Gubernur sebut ekonomi NTT berangsur pulih

"Karena itu, diperlukan dukungan infrastruktur perhubungan agar berbagai komoditas ini dapat dipasarkan ke berbagai daerah lain sehingga perekonomian di daerah ini bisa bertumbuh dengan cepat," katanya.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2022