Pemkot Kupang apresiasi BNN bentuk kelurahan bebas narkoba

id NTT,narkoba,peredaran narkoba

Pemkot Kupang apresiasi BNN bentuk kelurahan bebas narkoba

Wakil Wali Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Hermanus Man (ANTARA/Benny Jahang)

Kota Kupang hari ini sudah cukup terbuka bagi siapa saja yang sudah barang tentu terbuka peluang menjadi mata rantai perdagangan narkotika...
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur  mengapresiasi Badan Narkotika Nasional (BNN)  membentuk kelurahan bersih narkotika dalam mencegah peredaran narkotika di tiga kelurahan yaitu Kelurahan Naikolan, Kelurahan Naikoten I dan Kelurahan Kayu Putih.

"Pemerintah Kota Kupang sangat mendukung adanya pembentukan tiga kelurahan bersih nakotika sehingga daerah ini bebas dari penyalahgunaan narkoba," kata Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man di Kupang, Kamis, (30/6/2022).

Hermanus Man mengatakan hal itu terkait keberadaan kelurahan bersih narkoba yang dibentuk BNN Kota Kupang dalam mencegah peredaran narkoba.

Dia juga memberikan apresiasi kepada BNN Kota Kupang atas upaya memerangi peredaran Narkoba selama ini  di ibu kota Provinsi NTT itu.

"Sebagai pemerintah kami juga memiliki komitmen yang tinggi untuk mendukung upaya yang dilakukan BNN dalam memerangi peredaran Narkoba melalui pembentukan kelurahan bersih narkoba untuk menyadarkan seluruh warga sekaligus membangun solidaritas dalam rangka mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang masih menjadi ancaman bagi kehidupan secara universal ," kata Hermanus Man.

Hermanus Man menegaskan  pembentukan Kelurahan Bersinar yang pada prinsipnya adalah upaya kuat dari berbagai pihak termasuk pemerintah untuk mengantisipasi secara dini adanya peredaran gelap narkotika di komunitas masyarakat yang paling bawah misalnya kelurahan.

Ia menghimbau  para lurah dan seluruh perangkat seperti RT dan RW untuk secara intens melakukan deteksi atau identifikasi apabila menemukan gejala penyebaran narkotika di daerahnya masing-masing.

Dia mengatakan keberhasilan kelurahan bersinar sangat dipengaruhi oleh sejumlah faktor utama, diantaranya adalah komitmen di semua tingkatan, optimalisasi dan dukungan mitra kerja, semangat dan dedikasi para pengelola kelurahan bersinar di seluruh tingkatan wilayah serta petugas relawan anti narkoba.

Ia menegaskan kelurahan bersinar merupakan salah satu upaya pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkotika ditingkat kelurahan yang bertujuan untuk meningkatkan pendampingan masyarakat yang dikelola secara partisipasi, terpadu dan berkelanjutan berbasis pendayagunaan sumber daya di Kelurahan.

Baca juga: Pentingnya peran keluarga cegah anak tergoda narkoba

Baca juga: Polda NTB kantongi keterlibatan orang lain dalam kasus bandar sabu-sabu


"Kota Kupang hari ini sudah cukup terbuka bagi siapa saja yang sudah barang tentu terbuka peluang menjadi salah satu daerah yang menjadi mata rantai perdagangan narkotika," kata Hermanus Man.