Karantina Kupang amankan 60 kg daging hewan berkuku belah dari Jawa Timur

id NTT, PMK, Kota Kupang

Karantina Kupang amankan 60 kg daging hewan berkuku belah dari Jawa Timur

Daging Babi dan Sapi yang digagalkan masuk ke NTT. ANTARA/Ho-Karantina Kupang

Proses pencegahan masuknya daging sapi dan daging babi itu terjadi di wilayah kerja Waingapu berkat proses pengawasan yang dilakukan oleh Satgas di sana...
Kupang (ANTARA) - Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang menggagalkan masuknya 60 kilogram daging mentah hewan berkuku belah (sapi dan babi) dari Jawa Timur yang bisa menyebarkan penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan di wilayah NTT.

Kepala Balai Karantina Kelas I Kupang Yulius Umbu H di Kupang, Senin, (18/7/2022) malam, mengatakan puluhan daging hewan berkuku belah itu terdiri dari 20 kilogram daging sapi dan 40 kilogram daging babi.

"Proses pencegahan masuknya daging sapi dan daging babi itu terjadi di wilayah kerja Waingapu berkat proses pengawasan yang dilakukan oleh Satgas di sana," katanya.

Sejumlah daging hewan berkukuh belah itu, masuk ke Waingapu dari Jawa Timur dengan menggunakan kapal KM Mitra Donggala dan pada saat itu petugas Karantina Wilayah Kerja Waingapu sedang melakukan operasi bersama satgas.



Yulius mengatakan bahwa pencegahan  masuknya sejumlah daging berkuku belah itu ke Waingapu guna mencegah menyebarnya PMK di wilayah pulau Sumba, khususnya Nusa Tenggar Timur.

Saat ini, ujar Yulius, NTT masih aman dari penyebaran PMK karena itu berbagai daging hewan berkuku belah yang bisa menjadi perantara masuk ke wilayah NTT benar-benar dilarang.

Surat keputusan larangan masuknya perantara masuknya penyakit mulut dan kuku sudah dikeluarkan oleh Gubernur NTT Viktor B Laiskodat sejak awal mula merebaknya penyakit itu.

Yulius mengatakan, Selasa (19/7) besok, Balai Karantina Pertanian I Kupang akan mengirimkan surat teguran kepada pembawa daging tersebut.

Untuk daging yang digagalkan tersebut sesuai protap diminta untuk dibawa kembali ke Jawa Timur. Jika ditemukan lagi maka akan langsung dimusnahkan.*

Baca juga: Polres Kupang perketat penjagaan di Pelabuhan Bolok cegah PMK

Baca juga: Disnak NTT siapkan tim awasi lokasi penyembelihan hewan cegah PMK



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Karantina Kupang gagalkan masuknya 60 kg daging sapi dan babi