Ribuan umat Katolik Manggarai Raya ikuti Prosesi Akbar Maria Assumpta Nusantara

id Labuan bajo, manggarai barat, ntt, festival golo koe, maria assumpta nusantara

Ribuan umat Katolik Manggarai Raya ikuti Prosesi Akbar Maria Assumpta Nusantara

Prosesi Akbar Patung Maria Assumpta Nusantara merupakan salah satu rangkaian acara dalam Festival Golo Koe Labuan Bajo di Manggarai Barat, NTT, Minggu (14/8/2022). (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Prosesi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Golo Koe Labuan Bajo yang telah berlangsung sejak tanggal 8 Agustus 2022...
Labuan Bajo (ANTARA) - Ribuan umat Katolik dari tiga kabupaten yakni Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur, Minggu, (14/8/2022) mengikuti Prosesi Akbar Maria Assumpta Nusantara dalam Festival Golo Koe Labuan Bajo, NTT.

Acara ini dimulai dari prosesi laut membawa patung Maria Assumpta Nusantara menggunakan kapal dari Kampung Ujung, Labuan Bajo.

Selanjutnya kapal membawa patung menyinggahi beberapa stasi yakni Dermaga TPI, Pelabuhan Waterfront City Marina Labuan Bajo, Depan Gereja Roh Kudus Labuan Bajo, Depan Kantor Bupati Manggarai Barat, dan Pentahbisan Patung di Gua Maria Golo Koe.

Acara yang dimulai sejak pukul 16.30 Wita ini diikuti ribuan umat yang membawa lilin sembari mendaraskan doa dan lagu pujian tiada henti.

 Sapaan adat dari Manggarai membuka perarakan patung yang diturunkan dari kapal. Selanjutnya tarian adat dari Ngada mengiringi perarakan patung dari Dermaga Marina menuju panggung festival.

Prosesi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Golo Koe Labuan Bajo yang telah berlangsung sejak tanggal 8 Agustus 2022.

Festival ini merupakan kegiatan religi yang diinisiasi oleh Keuskupan Ruteng bekerja sama dengan Pemkab Manggarai Barat dan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores.

Baca juga: Menkominfo minta pemkab siapkan SDM lokal majukan pariwisata

Baca juga: 150 UMKM ikut dalam pameran Festival Golo Koe Labuan Bajo