Pemda Manggarai datangkan spesialis kejiwaan untuk periksa kesehatan caleg

id NTT,pemilu 20204,bakal caleg 2024,kabupaten manggarai

Pemda Manggarai datangkan spesialis  kejiwaan untuk periksa kesehatan  caleg

Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur Fansi Aldus Jahang. ANTARA/Benny Jahang

...Pemerintah Kabupaten Manggarai hanya membantu memfasilitasi dengan mendatangkan dokter spesialis jiwa dari Bali untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rohani dan kejiwaan bagi para bakal calon legislatif di Kabupaten Manggarai
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, mendatangkan dokter spesialis kejiwaan dari Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Badung Provinsi Bali untuk memberikan tes dan pemeriksaan kesehatan kejiwaan dan rohani bagi bakal calon anggota legislatif yang hendak mengikuti Pemilihan Umum 2024 di daerah itu .

"Pemerintah Kabupaten Manggarai hanya membantu memfasilitasi dengan mendatangkan dokter spesialis jiwa dari Bali untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rohani dan kejiwaan bagi para bakal calon legislatif di Kabupaten Manggarai," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Fansi Aldus Jahang saat dihubungi dari Kupang, Jumat, (5/5/2023).

Ia menjelaskan kehadiran dokter spesialis kejiwaan merupakan upaya pemkab setempat untuk membantu bakal caleg agar pemeriksaan kesehatan rohani dan kejiwaan bagi mereka di daerah setempat dengan cepat dan lancar.

Menurut dia, RSUD Ruteng belum memiliki tenaga dokter spesialis kejiwaan sehingga harus mendatang dokter spesialis dari luar daerah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi bakal caleg yang maju dalam perhelatan pemilu anggota legislatif pada tahun 2024.

Sesuai dengan rekomendasi KPU Provinsi NTT, kata dia, terdapat empat rumah yang ditetapkan sebagai lokasi pemeriksaan kesehatan kejiwaan dan rohani bagi para caleg, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. T.C. Hilers di Maumere Kabupaten Sikka, Rumah Sakit Umum Daerah Aeramo Kabupaten Nagekeo, RSUD Prof. Dr. W.Z. Johanis Kupang, dan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Naimata.

"Apabila bakal caleg ini melakukan pemeriksaan keluar daerah, tentu biaya yang harus dikeluarkan sangat besar sehingga pemerintah membantu memfasilitasi dengan mendatangkan tenaga dokter spesialis kejiwaan untuk melakukan pemeriksaan di Ruteng. Dengan demikian, bisa menekan pembiayaan yang dikeluarkan para bakal caleg," kata Fannsy Aldus Jahang.

Pemeriksaan selama 2 hari mulai Jumat hingga Sabtu (6/5) yang juga diikuti para bakal calon anggota legislatif dari Kabupaten Manggarai Timur.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur Thomas Dohu mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Manggarai yang telah memfasilitasi dengan mendatangkan tenaga dokter spesialis kejiwaan dari Bali untuk pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon anggota legislatif.

"Memang belum semua rumah sakit di NTT memiliki tenaga dokter spesialis kejiwaan sehingga perlu ada solusi dilakukan pemerintah daerah untuk memfasilitasi agar ada kemudahan-kemudahan dalam pemeriksaan kejiwaan bagi para bakal caleg, misalnya membantu mendatangkan tenaga dokter dari luar daerah untuk melakukan pemeriksaan kejiwaan bagi para bakal caleg," kata Thomas Doku.

KPU hanya menerima kelengkapan dokumen berupa syarat-syarat yang telah ditentukan pada saat pendaftaran yang berlangsung mulai 1 hingga 14 Mei 2023.

Ia berharap bakal caleg di kabupaten di NTT agar aktif untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kejiwaan di daerah lain apabila di daerahnya tidak ada tenaga dokter kejiwaan.


Baca juga: KPU NTT minta pemerintah fasilitas pemeriksaan kesehatan bakal caleg

Baca juga: Ratusan bacaleg di NTT mulai mengikuti pemeriksaan kejiwaan