Wabup Kupang sebut keluarga kunci sukses penurunan stunting

id NTT,stunting,kabupaten kupang

Wabup Kupang sebut keluarga kunci sukses penurunan stunting

Wakil Bupati Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Jerry Manafe saat memberikan motivasi kepada para ibu-ibu hamil dan menyusui tentang pentingnya pemenuhan gizi anak dalam mencegah stunting. (ANTARA/Benny Jahang)

...Peran orang tua dalam mencegah anak stunting sangatlah penting melalui pemberian makanan yang bergizi mulai saat ibu hamil hingga melahirkan. Pemberian makanan yang bergizi maka pertumbuhan anak menjadi lebih baik
Kupang (ANTARA) - Wakil Bupati Kupang, Nusa Tenggara Timur (NNT), Jerry Manafe, mengatakan peran keluarga sangat menentukan dalam menurunkan angka stunting melalui pemberian makanan bergizi bagi anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan.

"Peran orang tua dalam mencegah anak stunting sangatlah penting melalui pemberian makanan yang bergizi mulai saat ibu hamil hingga melahirkan. Pemberian makanan yang bergizi maka pertumbuhan anak menjadi lebih baik," kata Jerry Manafe di Kupang, Selasa, (6/6/2023).

Ia mengatakan hal itu terkait terkait peran keluarga dalam mempercepat penurunan jumlah anak stunting di Kabupaten Kupang.

Upaya penurunan stunting, kata dia, tidak hanya dilakukan pemerintah tetapi dukungan masyarakat, termasuk orang tua anak penderita stunting, sangatlah penting.

Menurut Jerry Manafe, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang terus memberikan motivasi kepada warga di daerah itu untuk secara serius memperhatikan kebutuhan gizi, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan.

"Kebutuhan gizi anak tidak harus membeli makanan yang harganya mahal, tetapi dengan menanam berbagai jenis sayur-sayuran dan buah-buahan di pekarangan rumah, maka kebutuhan gizi untuk keluarga bisa terpenuhi," tegasnya.

Ia berharap para orang tua yang memiliki anak-anak balita maupun ibu-ibu hamil di kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Oecusse, Timor Leste, itu untuk memperhatikan secara serius terhadap kebutuhan gizi baik ibu yang sedang menyusui maupun anak balita.

"Pemerintah juga terus mengingatkan para ibu-ibu hamil maupun ibu-ibu yang memiliki anak balita untuk selalu melakukan pemeriksaan kesehatan ke posyandu setiap bulan," kata Jerry Manafe.

Ia optimis angka stunting di Kabupaten Kupang bisa turun hingga mencapai 12 persen pada 2024 karena semua pihak di daerah itu ikut dalam mengatasi stunting.


Baca juga: Pemkab Manggarai Barat apresiasi kolaborasi swasta atasi stunting

Baca juga: Pemkab Kupang perkuat posyandu turunkan stunting