Warga Kupang terpilih sebagai warga berinovasi bangun desa

id NTT,Bhakti 2023,festival KTI 2023,Kabupaten kupang

Warga Kupang  terpilih sebagai warga berinovasi bangun desa

Tangkapan layar Manajer Komunikasi Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Indonesia Timur (BaKti) Kiko Victoria Ngantung (kiri bawah). (ANTARA/Benny Jahang)

Termasuk bagaimana gagasan mereka dalam melibatkan kaum perempuan, terutama remaja putri untuk membangun UMKM yang difasilitasi pemerintah desa...
Kupang (ANTARA) - Sebanyak empat warga Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur terpilih sebagai sosok berinovasi membangun desa sehingga menjadi narasumber dalam festival forum Kawasan Timur Indonesia (KTI) 2023 di Kota Kupang pada 26-27 Juli 2023.

"Ada empat orang warga dari empat desa berinovasi yang dipilih untuk ikut berbagi ide membangun desa dalam kegiatan festival forum KTI 2023," kata Manajer Komunikasi Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Indonesia Timur (BaKti) Kiko Victoria Ngantung dalam acara secara daring diikuti di Kupang, Jumat, (21/7/2023).

Ia mengatakan mereka dari empat desa, yaitu Bokong, Oelatimo, Letbaun, dan Oenoni diberikan kesempatan dalam forum itu untuk berbagi gagasan dan pengalaman di hadapan 1.000 peserta festival KTI 2023 tentang strategis dalam membangun desa sehingga mampu membangun ekonomi masyarakat dengan cepat.

Menurut dia, keempat warga desa itu memiliki gagasan inovatif yang perlu didukung pengembangannya di tingkat lokal di desa dalam mendukung pembangunan desa.

Dia menambahkan ide-ide inovatif yang dilakukan mereka, seperti melakukan revitalisasi tambak untuk menambah pendapatan asli desa bagi pemerintah desa menjadi ide cerdas yang dilakukan warga desa dalam mempercepat pembangunan di desa.

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Kupang bangun kembali jalan rusak akibat longsor

"Termasuk bagaimana gagasan mereka dalam melibatkan kaum perempuan, terutama remaja putri untuk membangun UMKM yang difasilitasi pemerintah desa," kata Kiko Victoria Ngantung.

Baca juga: Kabupaten Kupang gandeng Undana kaji pertanian pangan berkelanjutan

Dia berharap, setelah mereka mempresentasikan gagasan dalam membangun desa akan semakin banyak pihak yang mendukung dan melakukan secara mandiri untuk membantu pemerintah membangun desa setempat.