Kota Kupang siapkan 5.000 dosis vaksin untuk cegah penularan rabies

id NTT,rabies,kota kupang,yappi manafe,Kota Kupang siapkan 5.000 dosis vaksin,5.000 dosis vaksin cegah penularan rabies,ceg

Kota Kupang siapkan 5.000 dosis vaksin untuk cegah penularan rabies

Kepala Bidang Veteriner Dinas Pertanin Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Yappy Manafe (kiri) (ANTARA/Benny Jahang)

Kami berharap para lurah untuk secepatnya memasukkan data populasi hewan yang mau divaksin guna memudahkan petugas melakukan vaksin nanti...
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur telah menyiapkan 5.000 dosis vaksin anti rabies untuk vaksinasi anjing peliharaan milik warga di 51 kelurahan di Kota Kupang dalam mencegah terjadinya penularan penyakit rabies.

"Upaya pencegahan terjadinya penularan penyakit rabies terus dilakukan Pemerintah Kota Kupang dengan melakukan pemberian vaksin anti rabies terhadap hewan peliharaan milik warga," kata Kepala Bidang Veteriner Dinas Pertanian Kota Kupang Yappy Manafe ketika dihubungi di Kupang, Minggu, (6/8/2023).

Yappy Manafe mengatakan hal itu terkait upaya pemerintah Kota Kupang dalam mengantisipasi terjadinya penularan rabies.

Menurut dia 5.000 dosis vaksin anti rabies itu merupakan bantuan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam mendukung upaya pengendalian penularan rabies di Pulau Timor setelah kasus rabies mewabah di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang telah ditetapkan sebagai daerah KLB rabies.

Yappy Manafe menjelaskan Dinas Pertanian Kota Kupang telah meminta semua lurah untuk melakukan pendataan terhadap anjing peliharaan milik warga sehingga memudahkan petugas dalam melakukan vaksinasi.

"Sejumlah kelurahan sudah menyerahkan data jumlah anjing milik warga sehingga proses vaksinasi dilakukan di sejumlah kelurahan yang telah memiliki data-data hewan peliharaan warga yang siap dilakukan vaksinasi," kata Yappy Manafe.

Dia berharap kelurahan yang belum memasukkan data hewan peliharaan warga yang belum divaksin anti rabies untuk segera masukan ke Dinas Pertanian sehingga bisa segera dilakukan vaksinasi anti rabies yang mulai dilakukan pekan depan.

Baca juga: Kasus gigitan anjing rabies di Kabupaten TTS terus meningkat

"Kami berharap para lurah untuk secepatnya memasukkan data populasi hewan yang mau divaksin guna memudahkan petugas melakukan vaksin nanti," kata Yappy Manafe.

Baca juga: Dokter imbau warga digigit anjing segera disuntik

Menurut dia kegiatan vaksinasi anti rabies yang segera berlangsung di 51 kelurahan dilakukan para petugas kesehatan hewan yang bertugas di tiga poskeswan di Kota Kupang.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kota Kupang siapkan 5.000 dosis vaksin cegah penularan rabies