Bupati Ende imbau warga gunakan masker hindari debu vulkanik dari Lewotobi

id lewotobi,erupsi lewotobi,lewotobi laki laki,kabupaten ende,bupati ende,abu vulkanik lewotobi,pakai masker erupsi,flores

Bupati Ende imbau warga gunakan masker hindari debu vulkanik dari Lewotobi

Warga terdampak erupsi Lewotobi Laki-laki berada di SDK Kemiri, Wulanggitang, Flores Timur, NTT yang menjadi salah satu titik posko bencana, Kamis (4/1/2024). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

...Sebaiknya masyarakat menggunakan masker pelindung agar terhindar dari gangguan pernapasan, kata Djafar dalam imbauan resmi yang diterima di Kupang, Kamis, (4/1/2023)
Kupang (ANTARA) - Bupati Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Djafar Achmad, mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker pelindung agar terhindar dari debu vulkanik erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur yang terbawa angin dan terindikasi berdampak pada wilayah itu.

"Sebaiknya masyarakat menggunakan masker pelindung agar terhindar dari gangguan pernapasan," kata Djafar dalam imbauan resmi yang diterima di Kupang, Kamis, (4/1/2023).

Imbauan itu ia keluarkan merujuk dari data Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Nusa Tenggara yang menyebut Kabupaten Ende menjadi salah satu kabupaten terdampak abu vulkanik.

Arah letusan Gunung Lewotobi Laki-laki yang mengeluarkan debu vulkanik itu menyebar ke arah barat laut searah dengan angin yang membawa material debu tersebut.

"Sehingga wilayah Kabupaten Ende menjadi salah satu kabupaten terdampak," kata Djafar.

Baca juga: Pemkab Flotim berikan layanan kesehatan bagi warga terdampak erupsi

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menyatakan kenaikan status Gunung api Lewotobi Laki-laki sejak tanggal 1 Januari 2024 pukul 04.00 Wita dari Waspada menjadi Siaga.

Kenaikan status itu merujuk pada hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan peningkatan aktivitas visual dan kegempaan pada gunung tersebut, serta mewaspadai terjadi awan panas dari arah rekahan kawah.

Dua kecamatan pun terdampak erupsi yakni Kecamatan Wulanggitang dan Kecamatan Ile Bura.

Data sementara warga terdampak berjumlah 2.441 jiwa.

Baca juga: Polda NTT siapkan 300 personel bantu pengungsi erupsi Gunung Lewotobi

Baca juga: Flores Timur siaga darurat bencana erupsi Lewotobi

Baca juga: Basarnas Maumere siagakan tim rescue di lokasi terdampak erupsi Lewotobii










Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Terdampak abu vulkanik Lewotobi, warga Ende imbau pakai masker