Bupati Mabar ajak anggota DPRD wujudkan pemilu damai

id Bupati Manggarai Barat,DPRD Manggarai Barat,pemilu damai

Bupati Mabar ajak anggota DPRD wujudkan pemilu damai

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi (tengah) didampingi Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng (kiri) dan Ketua DPRD, Martinus Mitar (kanan) dalam Rapat Masa Sidang I Tahun 2024 DPRD Kabupaten Manggarai Barat. (ANTARA/HO Pemkab Manggaran Barat)

...Kita semua punya andil, lebih-lebih bapak ibu anggota dewan harus punya andil yang lebih untuk bisa mewujudkan pesta demokrasi yang penuh canda ria, penuh kedamaian, katanya di Labuan Bajo, Senin, (8/1/2024)
Labuan Bajo (ANTARA) - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengajak para anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) bersama-sama berusaha mewujudkan pemilihan umum yang aman dan damai pada tahun 2024.

"Kita semua punya andil, lebih-lebih bapak ibu anggota dewan harus punya andil yang lebih untuk bisa mewujudkan pesta demokrasi yang penuh canda ria, penuh kedamaian," katanya di Labuan Bajo, Senin, (8/1/2024).

"Dan kita harus bersepakat untuk hilangkan saling mencela, saling memfitnah yang berimplikasi pada perpecahan, baik vertikal maupun horisontal, di kabupaten ini," katanya dalam rapat Masa Sidang I Tahun 2024 DPRD Kabupaten Manggarai Barat.

Menurut Bupati, ada tiga faktor yang menentukan kesuksesan pelaksanaan pemilu, yakni penyelenggara pemilu, peserta pemilu, dan masyarakat.

Dia yakin sebagai bagian dari peserta pemilu, 30 anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat punya cara tersendiri untuk mewujudkan pelaksanaan pemilihan umum yang aman dan damai sesuai dengan karakter masyarakat di daerah pemilihan masing-masing.

Endi juga mengajak seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat untuk membantu menyukseskan persiapan dan pelaksanaan pemilihan umum pada 14 Februari 2024.

"Tentunya kita bergandengan tangan, bersinergi, agar pemilihan umum berjalan damai, kondusif, dan riang gembira. Karena, kapan prosesnya berjalan sangat baik, maka pemimpin yang lahir dalam pesta demokrasi itu pasti berkualitas," katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat Martinus Mitar mengemukakan bahwa pemilu yang berkualitas adalah pemilu yang berjalan aman, damai, dan tertib tanpa konflik yang dapat memecah-belah masyarakat.

"Karena semakin cerdasnya pemilih itu juga tergantung kepada para peserta yang mengajak masyarakat ambil bagian dalam pemilihan umum dalam masa kampanyenya," katanya.

"Sebanyak 30 anggota DPRD ini ikut bertanding dalam pemilu 2024. Nah, diharapkan untuk menjadi teladan demokrasi damai agar pemilu berjalan damai dan memuaskan masyarakat," ia menambahkan.

Baca juga: TPN bilang Prabowo keliru ungkap data alutsista saat pembebasan Irian Barat

Dia juga menekankan pentingnya partai-partai politik peserta pemilu menghindari penggunaan cara-cara kampanye yang dapat menimbulkan perpecahan.

Baca juga: KPU Mabar butuh 6.300 KPPS untuk Pemilu 2024

Baca juga: Disdukcapil Mabar "jemput bola" rekam e-KTP pemilih pemula



"Hindari black campaign yang dapat memecah belah satu sama lain, tunjukkan keteladanan kepada masyarakat," katanya.