Kapolda NTT ajak masyarakat gunakan hak pilih saat Pemilu

id NTT,Kapolda NTT,Pemilu NTT,Pemilu 2024,Pemilu Damai,Kapolda ajak masyarakat NTT manfaatkan hak pilih,masyarakat NTT manf

Kapolda NTT ajak masyarakat gunakan hak pilih saat Pemilu

Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga mengecek kesiapan personel Polda NTT di Kupang. ANTARA/Kornelis Kaha

...Dengan tulus saya mengajak seluruh masyarakat NTT untuk aktif datang ke TPS dalam merayakan pesta demokrasi ini, kata Kapolda NTT di Kupang, Senin, (5/2/2024)
Kupang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga mengajak seluruh masyarakat di provinsi berbasis kepulauan itu untuk memanfaatkan hak pilih pada hari pencoblosan, 14 Februari 2024 di setiap tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing.

"Dengan tulus saya mengajak seluruh masyarakat NTT untuk aktif datang ke TPS dalam merayakan pesta demokrasi ini," kata Kapolda NTT di Kupang, Senin, (5/2/2024).

Hal ini disampaikannya ketika ditemui wartawan usai melakukan pengecekan kesiapan pergeseran personel BKO pengamanan TPS di markas Polda NTT.

Orang nomor satu di Mapolda NTT itu mengatakan bahwa Pemilu adalah pesta rakyat Indonesia untuk memilih pemimpin nasional.

Menurut dia, Golput akan mengurangi kebermaknaan pesta demokrasi lima tahunan itu. Oleh karenanya, mantan Kapolda Papua Barat itu mengimbau agar semua warga beramai-ramai datang ke TPS untuk memberikan hak pilih.

"Saat hari H nanti ayo ramai-ramai datang ke TPS untuk mencoblos," ujar dia.

Selain itu, Kapolda NTT juga mengajak seluruh masyarakat dan stakeholder untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan di TPS selama proses pemungutan suara, serta pasca pemungutan suara, termasuk penghitungan dan pengepakan kembali alat suara dan logistik pemilu.

"Keamanan dan ketertiban di TPS serta selama proses pemungutan suara dan pasca pemungutan suara sangat penting. Hal itu menunjukkan bahwa NTT adalah daerah yang aman dan tertib," tambah dia.

Komandan berbintang dua itu yakin bahwa NTT adalah masyarakat yang sudah terpelajar, memahami fungsi dan tugasnya sebagai pemilik NKRI sehingga bisa ikut mengawal terlaksananya Pemilu 2024 aman dan lancar.

Kapolda NTT berharap agar apa yang disampaikannya dapat menginspirasi seluruh masyarakat NTT untuk berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi ini, menjaga perdamaian, dan meneguhkan komitmen untuk membangun negara yang lebih baik melalui pemilihan pemimpin secara demokratis.

Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang ketika ditemui dalam apel gelar pasukan pengamanan Pemilu oleh TNI di Makorem juga mengajak seluruh masyarakat NTT untuk mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 ini agar berjalan dengan aman.

"Mari sama-sama kita jaga agar pelaksanaan Pemilu ini berjalan aman dan lancar, sehingga NTT ini tetap aman," ujar dia.

Baca juga: Polda NTT kirim 414 personel BKO kawal TPS saat Pemilu 2024

Baca juga: Polda NTT siapkan 300 personel bantu pengungsi erupsi Gunung Lewotobi


Menurut dia, untuk menjaga NTT tetap damai, tidak hanya tugas aparat keamanan, tetapi seluruh masyarakat daerah ini