PLN catat rasio desa berlistrik di Pulau Flores capai 95 persen

id listrik, pln, rasio desa berlistrik, rasio elektrifikasi, flores, ntt

PLN catat rasio desa berlistrik di Pulau Flores capai 95 persen

Ilustrasi - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dalam acara peresmian listrik di Desa Ngancar, Manggarai Barat, NTT, Rabu (15/5/2024). (ANTARA/HO-PLN NTT)

RDB di Flores sudah mencapai 95,05 persen atau sebanyak 1.480 telah berlistrik PLN dari jumlah desa keseluruhan sebanyak 1.557 desa...
Maumere (ANTARA) - PT PLN (Persero) mencatat persentase Rasio Desa Berlistrik (RDB) di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah mencapai 95,05 persen.

"RDB di Flores sudah mencapai 95,05 persen atau sebanyak 1.480 telah berlistrik PLN dari jumlah desa keseluruhan sebanyak 1.557 desa," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT I Gede Agung Sindu Putra ketika dihubungi dari Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka, Kamis, (30/5/2024).

Capaian RDB yang hampir mencapai 100 persen itu merupakan wujud komitmen dari PLN untuk membuat semua desa di Pulau Flores yang terdiri dari delapan kabupaten itu bisa berlistrik.

Sindu mengatakan persentase itu juga tidak berbeda jauh dengan Rasio Elektrifikasi (RE) di Pulau Flores yang telah mencapai angka 97,36 persen.

Ia mengatakan berbagai upaya telah dilakukan PLN untuk meningkatkan RE dan RDB di Pulau Flores, diantaranya perluasan jaringan listrik ke desa-desa yang belum berlistrik secara bertahap.

Selain itu, PLN juga melakukan pemasangan PLTS Komunal di desa-desa yang terkendala akses jalan.

Meski demikian, Sindu mengakui ada banyak tantangan yang dihadapi oleh personel PLN dalam upaya membawa "terang" ke desa-desa, diantaranya kendala akses jalan yang susah untuk memobilisasi material perluasan jaringan listrik.

Selain itu ada pula kendala melewati hutan lindung, serta masyarakat yang kurang mampu untuk melakukan penyambungan listrik.

Namun, PLN bertekad untuk terus melakukan edukasi dan pendekatan sehingga semua kendala bisa teratasi dengan baik.

"PLN terus berkomitmen untuk meningkatkan RE dan RDB di Pulau Flores dan NTT pada umumnya secara bertahap sampai dengan semuanya berlistrik," kata dia menegaskan.

Baca juga: PLN dan Pemkab Mabar hadirkan listrik di desa terpencil

Adapun rasio elektrifikasi merupakan perbandingan jumlah Kepala Keluarga (KK) yang sudah berlistrik dengan jumlah KK total pada suatu daerah.

Baca juga: PLN NTT promosikan UMKM binaannya di Sabu Raijua

Tujuannya untuk mengetahui KK berlistrik dalam suatu daerah dalam satuan persen.