TI Mabar NTT gelar kejuaraan taekwondo tingkatkan kualitas atlet

id TI Mabar, NTT, Manggarai Barat, Taekwondo, Komodo Open Turnamen, Labuan Bajo, Basilius Sardi Jeramat, Atlet, kualitas

TI Mabar NTT gelar kejuaraan taekwondo tingkatkan kualitas atlet

Para peserta Komodo Open Turnamen I tahun 2024 saat pembukaan kegiatan di GOR Labuan Bajo, Kamis. (ANTARA/Gecio Viana)

Kejuaraan perdana di Labuan Bajo ini diikuti sebanyak 420 atlet taekwondo dari berbagai klub yang berasal dari NTT, NTB dan Jawa Timur
Labuan Bajo (ANTARA) - Taekwondo Indonesia (TI) Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar kejuaraan taekwondo Komodo Open Turnamen I tahun 2024 di Labuan Bajo untuk meningkatkan kualitas para atlet taekwondo. 
 
"Kejuaraan perdana di Labuan Bajo ini diikuti sebanyak 420 atlet taekwondo dari berbagai klub yang berasal dari NTT, NTB dan Jawa Timur," kata Ketua Taekwondo Indonesia (TI) Manggarai Barat Basilius Sardi Jeramat saat membuka kegiatan di GOR Labuan Bajo, Kamis. 
 
Ia menjelaskan kejuaraan tersebut dinilai sebagai wadah untuk para atlet taekwondo menunjukkan hasil latihan sekaligus meraih prestasi. 
 
Para atlet, lanjut dia, akan berkompetisi dalam dua nomor pertandingan yakni nomor tarung atau Kyorugi dan jurus atau Poomsae pada 28-30 Juni 2024.
 
Sementara itu untuk kategori usia dibagi dalam beberapa kategori yaitu usia pemula pra cadet 6-12 tahun, cadet 12-14 tahun dan 14-17 tahun junior, serta 17 tahun kategori senior. 
 
"Harapannya semua kontingen pro aktif untuk menjaga dan ikuti aturan yang telah kita sepakati bersama," katanya. 
 
Sardi juga menjelaskan selain pengembangan olahraga taekwondo sekaligus menjaring atlet berprestasi, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat berdampak pada peningkatan sektor pariwisata di Labuan Bajo sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). 
 
"Jadi orang ke Labuan Bajo bukan hanya untuk berlibur tapi juga dapat mengikuti kejuaraan taekwondo," katanya. 
 
Asisten Pemerintahan dan Administrasi Umum Setda Kabupaten Manggarai Barat Aloysius Lahi meminta para atlet dan pelatih untuk menjunjung tinggi kebersamaan, solidaritas dan sportivitas. 
 
"Olahraga taekwondo merupakan satu olahraga yang digemari, buktinya para peserta yang kebanyakan anak muda sangat antusias dan untuk kejuaraan ini yang bukan hanya kemenangan, akan tetapi yang lebih penting sportivitas itu harus dijunjung tinggi," katanya. 
 
Pemerintah daerah, lanjut dia, mendukung penyelenggaraan kegiatan tersebut dan berharap para atlet dapat menampilkan kemampuan terbaik dalam kejuaraan itu. 

Baca juga: TI Mabar gelar turnamen taekwondo jaring bibit berprestasi
 
"Ada janji atlet, janji taekwondo dan janji pelatih yang harus menjadi pedoman dan rambu untuk dijalankan," katanya.

Baca juga: Kapolda NTT beri penghargaan kepada Kodim Flores Timur