Rp2 triliun uang lusuh di NTT dimusnahkan BI

id uang lusuh di NTT

Rp2 triliun uang lusuh di NTT dimusnahkan BI

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rut Eka Trisilowati, memberikan sambutan dalam kegiatan peringatan Hari Oeang ke-73 yang digelar di Gedung Kantor Keuangan Negara, Kota Kupang, Rabu. (ANTARA FOTO/Aloysius Lewokeda)

Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTT telah memusnahkan uang lusuh yang tidak layak edar selama periode Januari-September 2019 senilai Rp2 triliun.
Kupang (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur telah memusnahkan uang lusuh yang tidak layak edar selama periode Januari-September 2019 senilai Rp2 triliun.

"Penggunaan uang lusuh Rp2 triliun yang kami musnahkan ini meningkat sekitar 25 persen dibandingkan 2018," kata Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, Rut Eka Trisilowati, dalam kegiatan peringatan Hari Oeang ke-73 yang digelar di Gedung Kantor Keuangan Negara NTT di Kupang, Rabu (30/10)..

Dia menjelaskan, jumlah uang rupiah yang dikeluarkan Bank Indonesia dan beredar di NTT selama periode Januari-September mencapai sebesar Rp4,5 triliun.

Di sisi lain, lanjutnya, penggunaan uang lusuh yang tidak layak edar di masyarakat pada periode tersebut juga meningkat dibandingkan periode yang sama pada 2018 sebesar Rp1,6 triliun.

Menurut Trisilowati, tingginya data uang lusuh menunjukkan kesadaran masyarakat setempat untuk menjaga mata uang Rupiah masih sangat rendah.

Baca juga: Artikel - Menjaga kedaulatan NKRI dengan menukarkan uang lusuh
Baca juga: Rp295 juta untuk penukaran uang lusuh di Pulau Pemana


"Ini tercermin dari data uang lusuh mencapai 45 persen dari jumlah uang Rupiah layak edar yang kami keluarkan pada periode yang sama," katanya.

Untuk itu, dalam kesempatan tersebut, pihaknya meluncurkan Program Peduli dan Sadar Rupiah yang dinamakan NTT PADAR untuk meningkatkan edukasi terhadap masyarakat dalam menjaga mata uang Rupiah.

Dia mengatakan, melalui program itu, masyarakat diarahkan untuk segera menukarkan uang lusuh ke bank umum terdekat agar lebih nyaman dalam melakukan transaksi ekonomi.

Apabila terdapat uang robek, terbakar, atau termakan rayap, lanjutnya, maka masyarakat dapat menukarkan di Bank Indonesia maupun pada bank umum di daerah-daerah dengan memenuhi syarat dalam penukaran uang rusak.

"Prinsipnya Program NTT PADAR ini kami hadirkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bagaiaman memperlakukan uang dengan baik serta kepedualian dalam menggunakan uang layak edar," katanya.

Baca juga: Penukaran uang lusuh di Pulau 3T capai Rp2,3 miliar
Baca juga: Bank NTT berhasil tukarkan Rp300 juta uang lusuh