FKPT NTT bagi masker kepada warga di pasar tradisional

id FKPT, NTT, Kota Kupang,masker,coro,corona

FKPT NTT bagi  masker kepada warga  di pasar tradisional

Anggota FKPT NTT membagikan masker kepada pedagang dan pembeli di Pasar Oesao, Kabupaten Kupang. (Antara/Kornelis Kaha)

Harus ada kesadaran dalam diri untuk selalu memakai masker demi kesehatan. Jangan lupa rajin cuci tangan agar terhindar dari virus corona atau COVID-19.
Kupang (ANTARA) - Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) membagikan sebanyak 200 masker kepada warga yang ada di Pasar Oesao Kabupaten Kupang.

Ketua FKPT NTT Johanna E. Lisapaly kepada wartawan di Kupang, Sabtu, (2/5) sore, mengatakan pembagian ratusan masker itu merupakan bentuk kepedulian FKPT NTT dalam menanggulangi dan mencegah penyebaran COVID-19.

"Dengan pembagian masker ini kami berharap bisa mencegah penyebaran virus berbahaya itu, " katanya yang juga kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi NTT itu.

Baca juga: Pemkot Kupang gencar bagikan masker gratis cegah COVID-19
Baca juga: Sembilan warga Kota Kupang kontak erat dengan pasien positif COVID-19


Ia mengatakan bahwa dipilihnya pedagang dan pembeli serta warga di Pasar Oesao karena pasar merupakan lokasi yang ramai dan tempat pertemuan banyak orang.

Selain itu, pembagian masker ini karena sesuai dengan survei bahwa masih banyak warga yang mengabaikan kesehatan dan tidak sadar betapa pentingnya menggunakan masker di saat seperti sekarang ini.

"Kita membagikan masker kepada warga yang benar-benar membutuhkan. Kita berharap kepedulian kita ini bisa membantu masyarakat," katanya.

Pembagian masker itu dilakukan bersama dengan tim Gugus Tugas Bidang Pencegahan COVID-19 Provinsi NTT. Ikut bergabung dalam kegiatan ini aparat TNI dari Korem 161/Wirasakti dan Polri dari Polda NTT serta Satuan Pol PP Provinsi NTT.

Pantauan ANTARA, pembagian ratusan masker itu dengan cara mendatangi satu per satu penjual, pembeli dan tukang ojek di seputaran Pasar Oesao itu.

Tak hanya membagikan masker, mereka dalam kesempatan itu juga mengimbau dan mengingatkan agar masyarakat selalu memakai masker.

"Harus ada kesadaran dalam diri untuk selalu memakai masker demi kesehatan. Jangan lupa rajin cuci tangan agar terhindar dari virus corona atau COVID-19," ujar dia.

Baca juga: Sembilan pasien COVID-19 baru di NTT kluster Sukabumi dan Gowa
Baca juga: Dinkes Kota Kupang diminta lakukan 'trakcing' pengidap corona


Sebelum membagikan masker di pasar tradisional, pihaknya membagikan masker di sepanjang Jalan El Tari, Jalan Frans Seda, Jalan Piet A Tallo hingga Jalan Timor Raya, tim melakukan patroli dan memberikan sosialisasi mengenai penggunaan masker dan mengikuti protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Tetap tinggal di rumah jika tidak ada keperluan mendesak dan tetap jaga jarak. Hindari berkumpul dalam jumlah banyak serta selalu menjaga kesehatan dengan rajin mencuci tangan dan wajib menggunakan masker setiap berada di luar rumah," ujar petugas saat melakukan sosialisasi di sepanjang Jalan Timor Raya.