Wagub NTT minta percepat elektronifikasi administrasi perkantoran

id NTT,Wagub NTT,Dinas Kominfo NTT,Elektronifikasi

Wagub NTT minta percepat elektronifikasi administrasi perkantoran

Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi (kiri) saat berdiskusi dengan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT di Kupang, Senin (27/7) (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Proses administrasi perkantoran di provinsi sebagian besar masih menggunakan cara manual. Saya perintahkan Dinas Kominfo percepat proses elektronifikasi ini
Kupang (ANTARA) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Josef Nae Soi memerintahkan jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika NTT agar mempercepat penerapan elektronifikasi untuk urusan administrasi perkantoran di lingkungan pemerintah provinsi setempat.

"Proses administrasi perkantoran di provinsi sebagian besar masih menggunakan cara manual. Saya perintahkan Dinas Kominfo percepat proses elektronifikasi ini," katanya di Kupang, Senin, (27/7) terkait penerapan elekronifikasi administrasi perkantoran di lingkungan Pemerintah Provinsi NTT.

Baca juga: Kata Wagub NTT, kami sudah ada gaji, tidak usah disogok lagi

Menurut dia, pada era sekarang pekerjaan terkait administrasi perkantoran semestinya dapat dilakukan secara daring, namun di lingkungan perkantoran Pemerintah Provinsi NTT masih banyak dilakukan secara manual.

Ia mencontohkan banyak dokumen kertas menumpuk di meja kerjanya setiap hari yang menanti disposisi untuk berbagai urusan pemerintahan.

"Seharusnya pada zaman teknologi begini, saya bisa membaca dan melakukan disposisi dari mana saja kalau semuanya sudah berjalan dengan sistem elektronik," katanya.

Nae Soi meminta Dinas Kominfo NTT agar mempercepat penerapan surat elektronik baik surat masuk maupun surat keluar di instansi pemerintah provinsi agar penyelenggaraan pemerintahan berjalan lebih efektif dan efisien.

"Mari tinggalkan cara kerja lama. Bulan depan proses surat masuk dan keluar secara elektronik di setiap instansi saya harapkan segera berjalan," katanya.

"Kami ingin agar output dan terutama outcome dari pekerjaan ini dapat dinikmati secara cepat. Begitu juga dengan sistem perizinan, secepatnya dilakukan secara elektronik agar dapat memudahkan masyarakat," katanya.

Baca juga: Wagub NTT resmikan desa Tangguh Nusantara

Nae Soi meminta jajaran Dinas Kominfo NTT agar mengoptimalkan pemanfaatan kuota internet yang ada untuk penerapan elektronifikasi.

"Kami ingin minta tambahan data kuota internet ke pusat, tapi yang jadi soal kuota yang sudah ada belum dimanfaatkan secara optimal," katanya menegaskan.