KPU: logistik Pilkada Sumba Timur sudah tiba

id NTT,Sumba Timur,KPU Sumba Timur,Pilkada 2020,Logistik pilkada

KPU: logistik  Pilkada Sumba Timur sudah tiba

Proses pengadaan logisitik untuk kebutuhan Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Sumba Timur, Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Senin (21/11/2020). (ANTARA/HO-KPU Kabupaten Sumba Timur.)

Pengadaan logistik baik untuk logistik pemilihan dalam pilkada maupun logistik protokol kesehatan sudah tiba di Sumba Timur
Kupang (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Timur Oktavianus Landi, mengatakan pengadaan logistik untuk memenuhi kebutuhan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 telah tiba di wilayah kabupaten bagian paling timur Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur itu.

"Pengadaan logistik baik untuk logistik pemilihan dalam pilkada maupun logistik protokol kesehatan sudah tiba di Sumba Timur," katanya ketika dihubungi dari Kupang, Rabu, (25/11).

Baca juga: KPU Sumba Timur tambah 103 TPS cegah kerumunan warga di Pilkada

Ia mengatakan, meski demikian belum semua item logistik sudah ada, namun sekitar 75 persen sudah masuk seperti logistik protokol kesehatan berupa sanitasi cuci tangan, hand sanitizer, desinfektan, sarung tangan plastik, pelindung wajah.

Sedang logistik untuk pemilihan yang sudah masuk seperti kotak suara, bilik suara, segel, surat suara, formulir C salinan.

"Sementara formulir-formulir C hasil itu belum tiba karena dikonsolidasikan di KPU pusat. Sementara untuk yang sudah masuk juga belum kami hitung jumlahnya," katanya.

Oktovianus mengatakan, selanjutnya pihaknya akan melakukan pengelolaan logistik berupa penyortiran, pengemasan, hingga pendistribusian ke setiap wilayah.

"Nanti setelah disortir baru kita tahu yang layak atau tidak baru dibuat alokasinya, penempatannya seperti apa untuk kebutuhan-kebutuhan per lokasi," katanya.

Kabupaten Sumba Timur akan menggelar Pilkada Serentak 2020 bersama delapan kabupaten lainnya di NTT yakni Kabupaten Belu, Malaka, Timur Tengah Utara (TTU), Sabu Raijua, Manggarai Barat, Manggarai, Ngada, dan Kabupaten Sumba Barat yang dijadwalkan akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020.

Baca juga: DPT Pilkada Sumba Timur capai 171.685 orang

Sebelumnya, KPU Kabupaten Sumba Timur telah menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di daerah itu sebanyak 171.685 orang yang didominasi laki-laki sebanyak 87.749 orang sedang perempuan 83,936 orang.

Pemilih dalam DPT ini akan menggunakan hak suaranya 574 TPS yang tersebar di 156 desa/kecamatan di Sumba Timur.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar