KPU Sikka Tunggu Klarifikasi Data Calon Perseorangan

id KPU

KPU Sikka Tunggu Klarifikasi Data Calon Perseorangan

Juru bicara KPU Kabupaten Sikka Yohanes Krisostomus Fery Soge

KPU Kabupaten Sikka masih menunggu hasil klarifikasi dari Dinas Dukcapil terkait data calon bupati-wakil bupati perseorangan, Fransiskus Roberto Diogo-Romanus Woga yang tidak tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT).
Kupang (Antara NTT) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sikka, masih menunggu hasil klarifikasi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terkait data calon Bupati-Wakil Bupati perseorangan, Fransiskus Roberto Diogo-Romanus Woga yang tidak tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT).

"Kita masih menunggu hasil klarifikasi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tentang status 2.987 pendukung yang tidak tercantum dalam DPT," kata Juru Bicara KPU Sikka Yohanes Krisostomus Fery Soge kepada Antara, Rabu terkait dukungan yang tidak tercantum dalam DPT.

Menurut dia, tahapan ini masih menjadi bagian dari verifikasi administrasi. "Jadi belum bisa disebut dukungan palsu. Kita harus menunggu hasil klarifikasi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil," katanya.

Berdasarkan hasil verifikasi administrasi kesesuaian data dukungan pasangan calon perseorangan atas nama Fransiskus Roberto Diogo-Romanus Woga, diperoleh jumlah dukungan sebanyak 2.987 yang tidak tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Menurut dia, hasil klarifikasi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ada tiga kemungkinan yakni data kependudukan pendukung benar, maka dukungan dinyatakan memenuhi syarat.

Data kependudukan tidak benar, maka dukungan tersebut dicoret dan dinyatakan tidak memenuhi syarat, dan tidak dapat menyatakan kebenaran atas data kependudukan pendukung, maka dukungan dinyatakan belum memenuhi syarat tetapi tidak menggugurkan dukungan, katanya menjelaskan.

Mengenai jumlah dukungan, dia mengatakan, dalam hal jumlah dukungan yang dinyatakan belum memenuhi syarat, akan ditindaklanjuti dengan verifikasi faktual oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS).

KPU Sikka kata dia, sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan mereka sedang melakukan klarifikasi.

"Kami masih menunggu, berapa banyak yang memenuhi syarat (MS), berapa yang tidak memenuhi syarat (TMS) dan berapa banyak yang belum memenuhi syarat (BMS)," katanya.

Saat ini KPU Sikka dalam tahapan verifikasi faktual yang berlangsung dari 12-25 Desember 2017. Setelah itu dilanjutkan dengan rekapitulasi di tingkat kecamatan (PPK) dari 26-28 Desember.

Pada rekapitulasi ditingkat kabupaten itu baru bisa diketahui berapa banyak dukungan yang memenuhi syarat (MS) dan berapa banyak dukungan yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Menurut dia, apapun hasil verifikasi, pasangan Fransiskus Roberto Diogo-Romanus Woga (Paket Roma), tetap mengikuti pendaftaran calon yang akan dibuka mulai 8-10 Januari 2018.

Jika ada kekurangan dukungan dari syarat minimal dukungan yang ditetapkan sebanyak 20.184 dukungan maka akan diberikan kesempatan untuk melengkapi pada masa perbaikan, katanya menambahkan.

"Jadi hasil verifikasi administrasi kesesuaian data dukungan pasangan calon perseorangan, diperoleh jumlah pendukung sebanyak 2.987 yang tidak tercantum dalam DPT dan atau DP4, sehingga dilakukan koordinasi dengan Dinas Dukcapil," katanya.

Sementara terhadap pendukung yang tercantum dalam DPT atau DP4 dilakukan verifikasi faktual, katanya menjelaskan.