Pemkab Ende gelar Festival Kelimutu dorong pertumbuhan pariwisata

id festival Kelimutu,pariwisata Ende,Pulau Flores,ntt

Pemkab Ende gelar Festival Kelimutu dorong pertumbuhan pariwisata

Kawasan Taman Nasional Kelimutu yang merupakan destinasi wisata unggulan di Kabupaten Ende, Pulau Flores, NTT. ANTARA/HO-Balai Taman Nasional Kelimutu

...Kami akan perkuat dari sisi virtual agar festival ini bisa dinikmati masyarakat di luar Ende
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, menyiapkan kegiatan Festival Kelimutu guna mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di daerah itu di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

"Kami sedang mempersiapkan Festival Kelimutu, rencananya akan digelar pada 14-16 Agustus 2021 mendatang," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende Martinus Saban ketika dihubungi di Kupang, NTT, Sabtu  (24/7).

Ia menjelaskan kegiatan festival ini digelar untuk menggeliatkan kembali pertumbuhan sektor pariwisata di Ende, Pulau Flores, yang lesu akibat dampak pandemi COVID-19.

Martinus mengatakan ajang ini akan menyuguhkan tiga atraksi utama yakni upacara adat Taga Kamba, Pati Ka Du'a Bapu Ata Mata, serta festival budaya.

Selain itu juga digelar festival kopi, musik, kuliner, demonstrasi pembuatan konten digital, dan berbagai atraksi lainnya.

Lebih lanjut, Martiunus mengatakan festival ini akan digelar secara langsung dengan peserta terbatas mengingat situasi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Selain itu, juga dilakukan secara virtual sehingga dapat disaksikan masyarakat dari wilayah lain.

"Kami akan perkuat dari sisi virtual agar festival ini bisa dinikmati masyarakat di luar Ende," katanya.

Baca juga: BTNK perpanjang penutupan sementara kawasan wisata Danau Kelimutu

Martinus berharap kegiatan festival dapat merangsang kembali pertumbuhan sektor pariwisata di Kabupaten Ende di tengah situasi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Baca juga: Pendapatan dari wisata Kelimutu turun drastis

"Ini juga merupakan upaya promosi agar pariwisata Ende menarik minat kunjungan wisatawan, sehingga setelah pandemi mereda, mereka bisa berdatangan untuk berwisata di Ende," katanya.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021