Sikka siapkan 31 dokter dukung vaksinasi ibu hamil

id NTT,Kabupaten Sikka,Dinas Kesehatan Sikka,vaksinasi COVID-19,vaksinasi ibu hamil,dokter

Sikka siapkan 31 dokter dukung vaksinasi ibu hamil

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka Petrus Herlemus. (ANTARA/HO-Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka)

...Kami mempunyai 31 dokter yaitu tiga dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dua dokter spesialis anak, dan 26 dokter umum untuk vaksinasi serentak bagi ibu hamil di Sikka
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur menyiapkan 31 dokter untuk mendukung vaksinasi COVID-19 secara serentak bagi kalangan ibu hamil di daerah itu.

"Kami mempunyai 31 dokter yaitu tiga dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dua dokter spesialis anak, dan 26 dokter umum untuk vaksinasi serentak bagi ibu hamil di Sikka," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka Petrus Herlemus dalam keterangan yang diterima di Kupang, Selasa, (7/9).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan kesiapan tenaga dokter untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi COVID-19 serentak bagi kalangan ibu hamil di Kabupaten Sikka, Pulau Flores.

Vaksinasi serentak di Sikka, kata dia, akan dilaksanakan pada 14 September 2021 di 25 puskemas di kabupaten itu.

Berdasarkan pendataan, tercatat jumlah ibu hamil yang menjadi sasaran penerima vaksin COVID-19 sebanyak 1.948 orang.

Herlemus mengatakan puluhan tenaga dokter yang disiapkan akan dikerahkan untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di 25 puskesmas bersama-sama dengan tenaga medis pendukung lain.

"Kami sementara membahas strategi pelaksanaan vaksinasi, terutama terkait sistem rujukan apabila ibu hamil mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunitas (KIPI)," katanya.

Ia menambahkan pemerintah kabupaten setempat telah menyediakan fasilitas kesehatan untuk rujukan jika terjadi KIPI yaitu di Rumah Sakit Umum Daerah T.C. Hillers Maumere.

Baca juga: Sikka bergeser dari wilayah PPKM Level 4 ke Level 2
Baca juga: Sikka targetkan vaksinasi COVID-19 bagi 1.948 ibu hamil
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021