BIN NTT targetkan 200 orang pada kegiatan vaksinasi di LP Anak

id BIN NTT, Kota Kupang,Vaksinasi COVID-19

BIN NTT targetkan 200 orang pada kegiatan vaksinasi di LP Anak

Seorang petugas Lapas anak Kupang menerima suntikan vaksin dosis ketiga atau pengguat saat pelaksanaan vaksinasi massal di Lapas Anak Kupang, NTT, Selasa (22/3/2022). BIN mengelar vaksinasi COVID-19 di Kota Kupang dengan menyasar 200 orang baik penerima dosis pertama hingga dosis pengguat dalam rangka meningkatkan "Herd Immunity". ANTARA FOTO/Kornelis Kaha. (Antara Foto/Kornelis Kaha)

...Kita targetkan 200 orang dimana 30 anak-anak di Lapas, 60 petugas di Lapas dan sisanya berasal dari masyarakat
Kupang (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Nusa Tenggara Timur menargetkan 200 orang menerima suntikan vaksin COVID-19 saat melaksanakan kegiatan vaksinasi massal di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Anak di Kota Kupang, Selasa, (22/3).

Kepala Binda NTT Brigjen TNI Adrianus SAN kepada wartawan di Kupang, Selasa mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi tersebut tidak hanya bagi Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) tetapi juga bagi masyarakat serta anak-anak yang ada di sekitar LPKA anak.

"Kita targetkan 200 orang dimana 30 anak-anak di Lapas, 60 petugas di Lapas dan sisanya berasal dari masyarakat," katanya.

Pelaksanaan bagi andikpas serta masyarakat umum itu diberikan tidak hanya untuk vaksin dosis satu, tetapi juga untuk vaksin dosis dua dan tiga.

Mantan Kasrem 161/Wirasakti Kupang itu mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi COVID-19 itu tujuannya untuk mensukseskan program pemerintah dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia khususnya di NTT.

Selama ini ujar dia, Binda NTT sendiri juga sudah melakukan vaksinasi hampir di seluruh daerah di NTT untuk tujuan yang sama yakni meningkatkan kekebalan tubuh atau "herd Immunity" bagi masyarakat.

Sejak November hingga Februarti 2022 sudah ada sekitar 25 ribu dosis vaksin yang sudah dikeluarkan oleh Binda NTT untuk melakukan vaksinasi bagi masyarakat di seluruh wilayah NTT.

Komandan berbintang satu itu mengatakan setiap bulannya juga Binda NTT mempunyai program yakni per bulan ada 5.000 orang di NTT yang dilayani vaksin oleh Binda.

"Untuk tahun ini juga kita targetkan kurang lebih 5000 orang divaksin. Khususnya vaksin dosis tiga karena memang sangat rendah capaiannya," tambah dia.

Untuk mempercepat capaian vaksinasi itu, setiap hari pihaknya menggandeng berbagai pihak mulai dari TNI, Polri, pemerintah Kota dan kabupaten untuk memberikan pelayanan vaksin COVID-19.

Sementara itu Kakanwil Kemenkumham NTT Marciana D Jone saat dihubungi dari Kupang, mengapresiasi upaya dari Binda NTT dalam hal pelaksanaan vaksinasi yang lokasinya di Lapas Anak Kupang.

"Kami sangat berterima kasih kepada Binda NTT, karena dengan adanya vaksinasi itu, anak didik pemasyarakatan kami akhirnya bisa menerima vaksin COVID-19 khususnya yang dosis 3," ujar dia.

Kanwil Kemenkumham NTT ujar dia akan mendukung penuh setiap instansi yang akan mengelar vaksinasi dengan menyediakan lokasi vaksin seperti yang dilakukan oleh Lapas Anak.


Baca juga: BIN Daerah NTT gelar vaksinasi berhadiah minyak goreng

Baca juga: Pemkab Sikka-Binda gelar vaksinasi COVID-19