Jalur darurat di lokasi longsor Takari sudah bisa dilalui kendaraan roda empat

id Tanah longsor, bencana alam ntt, bencana pulau timor, longsor pulau timor, bencana longsor kupang, longsor jalur trans t

Jalur darurat di lokasi longsor Takari sudah bisa dilalui kendaraan roda empat

Kepala Polres Kupang AKBP FX Irwan Arianto (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan di lokasi bencana tanah longsor di ruas Jalan Trans Timor di Desa Noelmina, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, NTT, Minggu (19/2/2023). ANTARA/Aloysius Lewokeda

...Khusus kendaraan roda empat sudah bisa melintasi jalur darurat mulai malam ini, katanya kepada wartawan di lokasi bencana tanah longsor di Desa Noelmina, Minggu, (19/2/2023)
Oelamasi (ANTARA) - Kapolres Kupang, Nusa Tenggara Timur, AKBP FX Irwan Arianto mengatakan kendaraan roda empat sudah bisa melintasi jalur darurat  di area longsor yang menimbun ruas Jalan Trans Timor di Desa Noelmina, Kecamatan Takari.

"Khusus kendaraan roda empat sudah bisa melintasi jalur darurat mulai malam ini," katanya kepada wartawan di lokasi bencana tanah longsor di Desa Noelmina, Minggu, (19/2/2023).

Jalur darurat sepanjang sekitar 200 meter tersebut dibuka di salah satu bagian material longsor yang sudah dirapikan menggunakan peralatan berat.

Irwan yang memimpin langsung personelnya untuk mengatur penggunaan jalur darurat, menjelaskan kendaraan roda empat maupun sepeda motor yang hendak melintas dari arah Kota Kupang dan Kabupaten Kupang menuju Kabupaten Timor Tengah Selatan, dan sebaliknya sudah bisa melintasi jalur tersebut.

Jalur darurat, kata dia, hanya diizinkan bagi kendaraan roda empat, sedangkan kendaraan roda enam dan seterusnya belum bisa melewati jalur tersebut karena kondisi medan yang belum memungkinkan.

"Kondisi tanah masih lembek, mudah bergerak sehingga belum bisa untuk kendaraan yang lebih berat," katanya.

Ia mengatakan jalur darurat dapat dimanfaatkan untuk sementara sambil menunggu penyiapan jalur alternatif di sekitar lokasi bencana yang nantinya dapat dilalui semua jenis kendaraan.

Lebih lanjut, Irwan mengatakan pihaknya juga segera berkoordinasi dengan pemerintah desa, tokoh masyarakat dan warga untuk pembangunan karena jalur alternatif yang akan melewati beberapa lahan warga.

"Jadi penanganan dampak longsor ini memang butuh waktu ekstra. Kami minta juga agar bisa dikerjakan secara cepat karena jalur ini urat nadi akses di Pulau Timor," katanya.

Bencana tanah longsor di Desa Noelmina pada Jumat (17/2) malam, mengakibatkan delapan unit rumah warga yang terdiri dari 11 KK serta sebuah truk pembawa kontainer tertimbun material.

Material longsor juga menutupi ruas Jalan Trans Timor, jalur utama yang menghubungkan Kota Kupang, Kabupaten Kupang, dengan kabupaten lain maupun dengan wilayah Timor Leste.

Hingga Minggu (19/2) sore, sejumlah peralatan berat masih terus dioperasikan untuk membersihkan material yang menimbun ruas jalan setinggi 15-20 meter, dengan panjang 200-300 meter.

Baca juga: Polres Kupang siagakan anggota cegah pungli di lokasi longsor

Baca juga: BPJN deteksi empat titik rawan longsor di Takari






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kendaraan roda empat bisa lintasi area longsor Trans Timor