KPU: Pendataan pemilih pemilu 2024 di Kabupaten Kupang sudah tuntas

id NTT,pantarlih,KPU kabupaten kupang,pemilu 2024

KPU: Pendataan pemilih pemilu 2024 di Kabupaten Kupang sudah tuntas

Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang, Johanis Tunbonat. ANTARA/Benny Jahang

Proses pemutakhiran data pemilih telah tuntas pada Selasa (14/3), sekalipun saat kegiatan pemutakhiran data pemilih di Kabupaten Kupang terus dilanda bencana...
Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menyatakan panitia pemutakhiran data pemilih (pantarlih)  telah menyelesaikan tugas pemutakhiran data pemilih untuk pemilu 2024 di 1.092 tempat pemungutan suara (TPS).

"Proses pemutakhiran data pemilih yang dilakukan pantarlih telah tuntas pada Selasa (14/3), sekalipun saat kegiatan pemutakhiran data pemilih di Kabupaten Kupang yang berbatasan dengan negara Timor Leste yang sedang dilanda banjir juga sudah selesai," kata Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang, Johanis Tunbonat di Kupang, Rabu, (15/3/2023).

Ia menjelaskan kegiatan pemutakhiran data pemilih yang berlangsung 12 Februari - 14 Maret 2023 para petugas menghadapi kondisi cuaca yang sangat ekstrem karena terjadi banjir dan akses transportasi yang terbatas akibat banyak jembatan yang putus karena terjangan banjir, namun kegiatan pemutakhiran data pemilih di setiap desa berjalan sukses sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Ia menyebut wilayah Amfoang menjadi wilayah di Kabupaten Kupang yang sangat sulit dihadapi para petugas saat melakukan kegiatan pemutakhiran data pemilih pemilu 2024 di 1.092 tempat pemungutan suara (TPS) karena para petugas pantarlih harus melintasi sungai dan jembatan yang putus akibat terjangan banjir.

"Sesuai ketentuan KPU bahwa untuk pemilu 2024 satu TPS terdapat 300 pemilih, sehingga satu petugas pantarlih harus melakukan pemutakhiran data 300 pemilih dalam satu TPS," kata Johanis.

Ia menjelaskan kondisi cuaca yang sangat ekstrem di wilayah Kabupaten Kupang terutama di wilayah Amfoang tidak sampai mengganggu kegiatan pendataan pemutakhiran data pemilih pemilu 2024 di Kabupaten Kupang karena jadwal kegiatan pemutakhiran data pemilu 2024 dilakukan selama satu bulan.

"Para petugas pantarlih memiliki waktu yang cukup banyak untuk turun ke TPS melakukan pendataan. Apabila hari ini terjadi hujan lebat maka kegiatan pendataan bisa dilakukan esok hari saat cuaca sudah mulai cerah, apalagi TPS masih dalam satu desa yang mudah dijangkau oleh para petugas pantarlih," kata Johanis.

Baca juga: KPU NTT verifikasi ulang dukungan pemilih untuk tujuh balon DPD RI

Baca juga: Artikel - Putusan peradilan di tengah keindahan irama orkestra pemilu