Pj Gubernur NTT minta segera dilakukan operasi pasar

id pj gubernur ntt,beras

Pj Gubernur NTT minta segera dilakukan operasi pasar

Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur Ayodhia Kalake (ANTARA/Bernadus Tokan)

...Lakukan berbagai operasi pasar untuk mencegah kenaikan inflasi yang signifikan. Saya juga berharap Bulog dan Badan Pangan Nasional dapat mendukung berbagai upaya ini, kata Ayodhia Kalake di Kupang, Rabu, (13/9/2023)
Kupang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur Ayodhia Kalake meminta segera dilakukan operasi pasar untuk mencegah kenaikan inflasi yang signifikan.

"Lakukan berbagai operasi pasar untuk mencegah kenaikan inflasi yang signifikan. Saya juga berharap Bulog dan Badan Pangan Nasional dapat mendukung berbagai upaya ini," kata Ayodhia Kalake di Kupang, Rabu, (13/9/2023).

Dia mengemukakan hal itu pada acara pengukuhan Stefanus Donny Handoko Heatubun sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono.

Menurut dia, saat ini sedang memasuki fenomena El Nino yang tentunya akan berdampak pada menurunnya produktivitas pertanian dan perkebunan.

Komoditas pertanian seperti beras mengalami kenaikan harga yang signifikan di pasaran dan ini berpotensi mendorong kenaikan inflasi.

Baca juga: Bulog salurkan bantuan beras bagi 24.348 KK di Alor

"Kita juga mengalami kekurangan stok minyak curah. Karena itu saya berharap Bank Indonesia bersama Tim TPID dapat mengantisipasi hal ini," katanya.

Baca juga: Setiap bulan pemerintah salurkan sekitar 210 ribu ton beras bantuan, kata Presiden Jokowi

Dia juga meminta Bank Indonesia bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) menyusun dan mengambil berbagai langkah strategis untuk mencegah dampak El Nino di daerah itu.