Kemenkominfo koordinasikan platform media sosial untuk jaga keamanan layanan di Pemilu

id Pemilu 2024, debat kelima capres, debat capres, platform media sosial,pilpres,kominfo

Kemenkominfo koordinasikan platform media sosial untuk jaga keamanan layanan di Pemilu

Arsip foto - Direktur Jenderal IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong di Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023). (ANTARA/Livia Kristianti)

...Jadi kami lakukan koordinasi, kami minta mereka memperkuat sistemnya.Karena yang bertanggung jawab melindungi keamanan data dan layanan yang dimiliki platform ya platform sendiri, kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Keme
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengkoordinasikan platform-platform media sosial untuk lebih menguatkan layanannya mengingat Pemilu 2024 semakin dekat.

Hal itu dilakukan agar ruang digital tetap kondusif dari serangan siber menjelang penyelenggaraan pesta demokrasi.

"Jadi kami lakukan koordinasi, kami minta mereka memperkuat sistemnya.Karena yang bertanggung jawab melindungi keamanan data dan layanan yang dimiliki platform ya platform sendiri," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo Usman Kansong saat dihubungi ANTARA, Rabu, (31/1/2024).

Ia mencontohkan salah satu peran Kementerian Kominfo untuk memastikan layanan media sosial tetap kondusif selama perhelatan Pemilu 2024 seperti mengkoordinasikan saat kata kunci nama salah satu calon wakil presiden mengalami kendala tidak bisa dicari di platform media sosial X.

Adapun calon wakil presiden yang dimaksud ialah Mahfud MD yang merupakan pasangan dari calon presiden nomor urut 2 Ganjar Pranowo.

Kementerian Kominfo segera menindaklanjuti laporan tersebut dan langsung menanyakan bagaimana cara untuk dapat memulihkan kondisi tersebut.

Usman mengatakan hal itu langsung ditindaklanjuti oleh X dan saat ini kata kunci tersebut telah dipulihkan dan diakses para pengguna dari platform tersebut.

"Jadi yang dilakukan Kementerian Kominfo ini tentu meminta mereka (platform) media sosial untuk mengantisipasi hal-hal tersebut. Karena yang bisa antisipasi masalah terkait ya platform," kata Usman.

Langkah serupa juga bakal dilakukan untuk kegiatan debat kelima dari para calon presiden yang direncanakan berlangsung pada Minggu, 4 Februari 2024.

Para platform media sosial diminta untuk tetap menjaga ruang digital agar tetap bisa diakses oleh masyarakat luas dan dapat digunakan secara leluasa untuk mengekspresikan kebebasan berpendapat.

"Debat kelima sama seperti debat-debat kemarin. Seharusnya tidak ada masalah seperti debat-debat kemarin. Perlakuan platform terhadap para kontestan dan platform untuk menjadi sarana menyampaikan aspirasi dan komentar tetap terbuka," tutup Usman.


Baca juga: Kominfo : Dugaan kebocoran data DPT momentum percepat aturan turunan UU PDP
Baca juga: Menkominfo Budi Arie kecam peretasan kepada laman media nasional
Baca juga: Kemenkominfo akan keluarkan aturan terkait AI di Indonesia











Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenkominfo koordinasikan platform jaga keamanan layanan di Pemilu