MK tegaskan akan berupaya maksimal untuk mengembalikan kepercayaan publik

id mkmk,kepercayaan publik,mahkamah konstitusi,hakim mk,anwar usman,kepercayaan publik pada mk

MK tegaskan akan berupaya maksimal untuk mengembalikan kepercayaan publik

Ketua Mahkamah Konstitusi Suhartoyo saat diwawancarai di Padang, Jumat (8/3/2024). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

...Dengan adanya pengawasan Majelis Kehormatan MK, MK akan berupaya mengembalikan kepercayaan publik, kata Ketua MK Suhartoyo di Padang, Jumat, (8/3/2024)
Padang (ANTARA) - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) RI Suhartoyo menegaskan akan berupaya semaksimal mungkin mengembalikan kepercayaan publik terhadap lembaga peradilan tersebut dalam mengawal konstitusi di Tanah Air.

"Dengan adanya pengawasan Majelis Kehormatan MK, MK akan berupaya mengembalikan kepercayaan publik," kata Ketua MK Suhartoyo di Padang, Jumat, (8/3/2024).

Hakim Suhartoyo mengatakan upaya mengembalikan kepercayaan publik tersebut diantaranya pembentukan MKMK secara permanen hingga penguatan kelembagaan dengan melibatkan pihak luar untuk mengontrol MK dalam mengawal konstitusi.

Di hadapan civitas academica Universitas Andalas, Sumatera Barat, Suhartoyo juga meminta mahasiswa ikut aktif mengontrol lembaga peradilan itu apabila dalam menjalankan tugas terjadi kekeliruan.

"Hari ini MK mudah-mudahan sudah mulai berbeda dengan hari-hari kemarin ketika ada proses yang menuju kepada penurunan kepercayaan," ujar Suhartoyo.

Hakim yang memulai karir sebagai calon hakim di Pengadilan Negeri Bandar Lampung pada 1986 tersebut mengatakan dalam perspektif kebangsaan, MK bertugas memberikan perlindungan hak konstitusional kepada setiap warga negara.

Oleh karena itu, sebagai anak kandung reformasi MK akan terus berupaya mengembalikan muruah lembaga terutama kepercayaan publik yang sempat menurun.

Di satu sisi ia menyadari mengembalikan kepercayaan publik bukan perkara mudah. Sebagai contoh, meskipun sebuah putusan yang telah disusun dengan matang melalui proses dan mengedepankan keadilan bisa saja masyarakat meragukannya.

Untuk diketahui, MK sempat menjadi sorotan publik karena mengabulkan putusan soal batas usia calon presiden dan calon wakil presiden di bawah 40 tahun, dengan syarat berpengalaman sebagai kepala daerah atau penyelenggara negara.

Pro dan kontra terhadap MK berangkat dari putusan 90/PUU-XXI/2023 mengenai Pasal 169 huruf q Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

Baca juga: Ketua MK Suhartoyo tegaskan hakim tak boleh cawe-cawe dalam pembuktian di PHPU
Baca juga: Pakar: Berisiko tak indahkan putusan MK soal jadwal Pilkada serentak
Baca juga: Mahfud MD bilang putusan MKMK untuk Anwar Usman di luar ekspektasi








Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: MK tegaskan berupaya maksimal kembalikan kepercayaan publik