Penyortiran surat suara di Belu masih berlangsung

id KPU Belu

Penyortiran surat suara di Belu masih berlangsung

Sejumlah petugas lepas sedang menyortir surat suara untuk tiga kecamatan di Kabupaten Belu, Selasa (16/4) malam. (Antara Foto/ Kornelis Kaha) (ANTARA FOTO/ Kornelis Kaha)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu hingga pukul 22.30 WITA masih melakukan penyortiran, pelipatan dan pengepakan surat suara Pemilu 2019.
Atambua, NTT (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu hingga pukul 22.30 WITA masih melakukan penyortiran, pelipatan dan pengepakan surat suara Pemilu 2019.

"Sampai saat ini kami masih lakukan sortir untuk dua kabupaten, tetapi sudah hampir selesai dan tinggal dilakukan pengepakan," kata Ketua KPU Kabupaten Belu Michael Nahak kepada Antara di Atambua, Kabupaten Belu, Selasa (16/4).

Pantauan di gudang penyimpanan logistik Pemilu untuk Kabupaten Belu, sejumlah petugas lepas sibuk melakukan penghitungan ulang sejumlah surat suara yang sudah disortir dan dan sudah dilipat.

Beberapa petugas lain juga memasukan perlengkapan logistik Pemilu lainnya ke dalam amplop cokelat seperti surat suara berhologram dan sebagian petugas juga menyiapkan kotak suara.

Michael menambahkan bahwa saat ini baru ada dua kecamatan saja yang sudah hampir selesai proses penyortiran, pelipatan dan pengepakan. Dua kecamatan itu adalah Kecamatan Atambua Selatan dan Atambua Barat.

Sementara untuk TPS di Atambua sendiri dibutuhkan sekitar satu atau dua jam lagi untuk menyelesaikannya.

Baca juga: Distribusi logistik di perbatasan melalui jalur berbahaya

Ia menegaskan masalah keterlambatan penyortiran itu karena adanya keterlambatan pengiriman surat suara penganti yang sudah diminta oleh KPU setempat sejak 31 Maret 2019.

"Seharusnya malam ini kerja kami adalah memantau kesiapan TPS. Tetapi sampai dengan saat ini masih ada petugas yang masih bekerja," ujarnya.

Michael juga menambahkan bahwa target mereka adalah proses penyortiran, pelipatan dan pengepakan itu sudah harus selesai pada "H-3". Namun, akibat keterlambatan itu mengakibatkan apa yang direncanakan jadi kacau balau.

Ia pun memuji sejumlah petugasnya yang bekerja maksimal hingga saat ini, dengan tujuan agar dapat menyukseskan Pemilu di kabupaten yang berbatasan dengan Timor Leste itu.

Ia memastikan pada malam ini juga sejumlah logistik Pemilu untuk tiga kabupaten itu akan didistribusikan.

Baca juga: Sebelum pukul 24.00 WITA, pendistribusian logistik pemilu sudah selesai
Baca juga: Logistik pemilu untuk Kota Kupang mulai didistribusikan