ASDP buka kembal lintasan penyeberangan Kupang-Larantuka dan Rote

id asdp kupang

ASDP buka kembal lintasan penyeberangan Kupang-Larantuka dan Rote

Manager Usaha PT ASDP Cabang Kupang, Hermin Welkis. (ANTARA/Bernadus Tokan)

"Penyeberangan sudah normal kembali. Kupang-Rote sudah dibuka kembali, dan Kupang-Larantuka akan dibuka sesuai dengan jadwal yakni pada Kamis (5/3)," kata Hermin Welkis...
Kupang (ANTARA) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Kupang, membuka kembali lintasan penyeberangan Kupang-Larantuka dan Kupang-Rote yang dihentikan sementara akibat cuaca buruk melanda wilayah perairan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Penyeberangan sudah normal kembali. Kupang-Rote sudah dibuka kembali, dan Kupang-Larantuka akan dibuka sesuai dengan jadwal yakni pada Kamis (5/3)," kata Manajer Usaha PT ASDP Cabang Kupang Hermin Welkis di Kupang, Rabu (4/3).

Dia mengemukakan hal itu, ketika dikonfirmasi terkait perkembangan aktivitas penyeberangan di NTT, akibat gelombang laut yang tidak bersahabat.

Baca juga: Jadwal pelayaran feri Kupang-Deri berubah
Baca juga: Calon penumpang bisa membeli tiket feri di Kantor Pos
Sejumlah kapal feri milik PT ASDP Kupang berada di perairan sekitar Hansisi, Kabupaten Kupang untuk berlindung dari amukan gelombang. (ANTARA/Bernadus Tokan)

ASDP sejak Minggu, (1/3) membatalkan pelayaran pada lintasan penyeberangan Kupang-Rote dan Rote-Kupang serta Kupang-Larantuka PP akibat gelombang.

Dia juga menyampaikan permohonan maaf kepada para pengguna jasa penyeberangan karena adanya pembatalan penyeberangan, dan membuat penumpang yang sudah berada di pelabuhan harus kembali ke rumah.

Menurut dia, pembatalan keberangkatan kapal ke sebuah lintasan penyeberangan semata-mata karena alasan keselamatan dan kenyamanan pelayaran.

"Kami tidak berpikir soal untung rugi, tetapi paling utama adalah keselamatan dan kenyamanan para pengguna jasa pelayaran," katanya.

Karena itu, dia berharap, para pengguna jasa penyeberangan dapat memahami kondisi ini, dan tidak memaksakan kehendak untuk berlayar dalam kondisi laut yang tidak bersahabat. 

Baca juga: ASDP Kupang dapat izin layani semua lintasan penyeberangan
Baca juga: Tiga kapal feri ke Rote untuk angkut penumpang yang tertahan akibat cuaca buruk
Sebuah kapal motor penyeberangan Fery milik ASDP, bersiap meninggalkan pelabuhan penyeberangan Bolok Kupang. (ANTARA/Bernadus Tokan)