Pers di NTT dukung pemilu bermartabat

id PERS

Pers di Nusa Tenggara Timur dukung pelaksanaan Pemilu 2019 yang bermartabat. Tampak, Ketua PWI NTT Fery Jahang (tengah) sedang membacakan deklarasi tersebut di Kupang, Kamis (25/10). (ANTARA Foto/Asis Lewokeda)

Para insan pers dan pimpinan media di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis (25/10), mendeklarasikan dukungannya terhadap pelaksanaan Pemilu 2019 yang bermartabat.
Kupang (AntaraNews NTT) - Para insan pers dan pimpinan media di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis (25/10), mendeklarasikan dukungannya terhadap pelaksanaan Pemilu 2019 yang bermartabat.

"Pers di NTT akan selalu bersikap adil dan independen dalam memberitakan pemilu demi terselenggaranya pesta demokrasi rakyat yang bermartabat," kata Ketua PWI NTT Fery Jahang ketika membacakan isi naskah deklarasi.

Ia mengatakan, pers di NTT juga akan selalu mengedepankan prinsip jurnalistik dalam memberitakan pemilu demi terselenggaranya pemilu yang berkualitas.

Selain itu, menolak segala bentuk intervensi ruang redaksi demi terciptanya pemberitaan pemilu yang berkeadilan.

"Kami juga bertekad untuk tidak memberitakan hal-hal yang bersifat agitasi dan provokasi yang dilakukan para politisi demi terciptanya situasi yang kondusif," katanya.

Pers di NTT juga bertekad melakukan chek and rechek dalam menjadikan sosial media sebagai sumber berita agar terhindar dari sebaran hoaks atau informasi bohong.

Baca juga: Berita Hoax Masuki Tahap Serius

Kemudian ikut serta memelopori dan menciptakan iklim dan situasi politik yang kondusif demi mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa.

Deklarasi tersebut dilakukan di sela kegiatan Editor`s Forum Media Bermartabat untuk Pemilu Berkualitas yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Turut menyaksikan Kasubdit Media Online Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Nurleli, sejumlah nara sumber seperti Agus Sudibyo, mantan anggota Dewan Pers dan saat ini menjadi koordinator Kaukus Media dan Pemilu.

Selanjutnya, tenaga ahli dan Pemimpin Redaksi Info Publik dari Kemekominfo, Ahmed Kurnia, Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pusat Yadi Hendriana, dan Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Hadir pula Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi NTT Aba Maulaka, unsur penyelenggara pemilu di daerah (Bawaslu dan KPU) serta ratusan pelajar, mahasiswa, dan para wartawan di Kupang. 

Baca juga: Pers NTT Kurang Gelorakan Bidang Kemaritiman
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar