Desa di Nagekeo salurkan ternak kambing ke warga untuk ketahanan pangan

id nagekeo,ntt,dana desa,ulupulu 1,ulupulu,bantuan,ketahanan pangan

Desa di Nagekeo salurkan ternak kambing ke warga untuk ketahanan pangan

Pemerintah Desa Ulupulu 1 di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur menyalurkan 111 bibit kambing bagi masyarakat untuk mendukung ketahanan pangan desa. (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

Kami gunakan Dana Desa untuk kepentingan ketahanan pangan nabati dan hewani...
Labuan Bajo (ANTARA) - Pemerintah Desa Ulupulu 1 di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur, menyalurkan bantuan sebanyak 111 bibit kambing bagi masyarakat untuk mendukung ketahanan pangan desa.

"Kami gunakan Dana Desa untuk kepentingan ketahanan pangan nabati dan hewani," kata Kepala Desa Ulupulu 1 Emilianus Meze ketika dihubungi dari Labuan Bajo, Rabu, (16/11/2022).

Bantuan 111 bibit kambing diberikan pemerintah desa kepada 37 keluarga penerima manfaat yang belum pernah menerima bantuan baik bantuan langsung tunai maupun bantuan sosial lain.

Jumlah itu, ujar dia, disesuaikan dengan alokasi 20 persen dana desa untuk kepentingan ketahanan pangan nabati dan hewani.

"Sebanyak 20 persen dari dana desa Rp827,26 juta itu adalah untuk ketahanan pangan, jadi yang digunakan sebesar Rp136 juta," kata Emilianus Meze.

Disebutkan, program ketahanan pangan desa sendiri merupakan bagian dari program ketahanan pangan nasional untuk mendukung ketersediaan pasokan dan stabilitas harga bahan pangan.

Selain itu, ujar dia, program yang terkait dengan penguatan ketahanan pangan itu dapat bertujuan pula untuk mengendalikan inflasi dan menjaga daya beli masyarakat, khususnya warga desa.

Lewat program itu, masih menurut dia, masing-masing penerima manfaat mendapatkan tiga ekor kambing yakni satu betina dan dua jantan yang akan disalurkan dalam tiga tahap.

Baca juga: Kemenkeu dampingi 12 desa di TTS kelola dana desa

"Kami berharap kambing ini dapat berkembangbiak dengan baik sehingga dapat meningkatkan ekonomi dari keluarga penerima bantuan," kata Emilianus.

Baca juga: Desa di Flotim telah salurkan BLT Dana Desa Triwulan III

Ia juga mengemukakan, penggunaan dana desa adalah diprioritaskan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kualitas hidup pasca COVID-19, dan penanggulangan kemiskinan.