Satgas Kupang lakukan tracing kontak erat pasien COVID-19

id ntt,kupang,positif COVID-19, Satgas COVID-19

Satgas Kupang lakukan tracing kontak erat pasien COVID-19

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Kupang, Rima Kasih Sayang Salean (kanan). (Antara/ Benny Jahang)

"Kami sudah melakukan tes cepat COVID-19 dan tes usap terhadap sejumlah anggota keluarga dari pasien 04. Belum ada hasilnya
Kupang (ANTARA) - Tim penyelidik epidemologi Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur melakukan penelusuran kontak terhadap warga yang sempat melakukan kontak dengan dua pasien positif COVID-19 di daerah itu.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Kupang Rima Kasih Sayang Salean ketika dihubungi di Kupang, Jumat, (18/9) mengatakan Tim Satuan Tugas telah melakukan tracing terhadap kontak erat dengan pasien 04, yakni anggota keluarga dari pasien yang bersangkutan.

"Kami sudah melakukan tes cepat COVID-19 dan tes usap terhadap sejumlah anggota keluarga dari pasien 04. Belum ada hasilnya," kata Rima terkait upaya Satgas COVID-19 Kabupaten Kupang dalam mencegah terjadinya penyebaran COVID-19, setelah Kapolres Kupang AKBP Aldinan RJH Manurung terkonfirmasi positif COVID-19.

Selain melakukan tracing, kata Rima, Tim Satgas juga telah melakukan disinfeksi di tempat pasien positif 04 COVID-19 beraktivitas.

Ia menyebutkan hingga saat ini di kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Oecusse, Timor Leste itu terdapat dua orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19, yaitu satu dari wilayah Kupang Timur dan satu dari Fatuleu Barat.

Baca juga: Polres Kupang semprotkan disinfektan cegah COVID-19

Baca juga: Polisi-TNI gelar razia masker di Kota Kupang


Dikatakannya pasien dengan kategori kontak erat yang masih dalam pemantauan Tim Satgas COVID-19 Kabupaten Kupang sebanyak 60 orang, yaitu Kecamatan Kupang Timur 57 orang, sedangkan Kecamatan Tabenu, Amarasi Barat, dan Kupang Barat masing-masing satu orang.

Rima menambahkan pasien dengan kategori suspek di wilayah Kabupaten Kupang ada enam orang, yaitu Kupang Timur tiga orang, Fatuleu dua orang dan Amarasi Selatan satu orang.
 
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar