Bantuan modal gratis untuk wirausaha pemula

id Johanis

Johanis Mau

Bantuan modal untuk wirausaha pemula sebesar Rp10-13 juta tidak dikembalikan
Kupang (AntaraNews NTT) - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi dan UKM Nusa Tenggara Timur (NTT), Johanis Mau mengatakan, bantuan modal untuk wirausaha pemula sebesar Rp10-13 juta tidak dikembalikan.

"Bantuan modal usaha ini akan dikirim langsung ke nomor rekening pelaku UMKM. Bantuan ini tidak dikembalikan tetapi petugas akan melakukan evaluasi usaha yang digeluti," kata Johanis Mau kepada Antara di Kupang, Rabu (13/6).

Dia mengemukakan hal itu, terkait banyaknya pertanyaan seputar mekanisme memperoleh bantuan modal untuk wirausaha pemula yang disiapkan oleh pemerintah pusat serta sistem pengembaliannya.

Menurut dia, hal yang diharapkan dari pemerintah dalam pemberian modal usaha tersebut adalah ada peningkatan usaha yang dimiliki wirausaha pemula (WP).

Mengenai syarat, dia mengatakan semua pelaku UMKM yang sudah memulai usahanya adala wirausaha pemula (WP).

Baca juga: Pemerintah bantu 400 wirausaha pemula di NTT

Pemerintah pusat melalui Kemenkop akan membantu para WP dan ini merupakan salah satu program perioritas nasional untuk 2019?dari? Presiden Jokowi.

"Mekanismenya adalah WP yang sudah usaha (punya isin usaha UMKM) mengajukan permohonan dengan melengkapi persyaratan antara lain profil usaha, Izin Usaha Mikro dari Camat (gratis)," katanya.

Setelah diverikasi oleh Dinas Koperasi kabupaten dan disampaikan ke Kemenkop melalui Dinas Koperasi san UKM Provinsi NTT, katanya. "Jadi tidak sulit untuk memperoleh bantuan modal usaha ini," katanya.

Baca juga: Pengamat Apresiasi Program Pemberdayaan Wirausaha Pemula
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar