Puluhan titik gangguan listrik di Kupang akibat cuaca ekstrem

id NTT,PLN NTT,Kota Kupang,cuaca ekstrem,gangguan listrik

Puluhan titik gangguan listrik di Kupang akibat cuaca ekstrem

Sebuah pohon tumbang dan mengganggu lalu lintas kendaraan di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur pada Minggu (17/1/2021). ANTARA/Aloysius Lewokeda

Lebih dari 60 titik gangguan listrik saat cuaca buruk akhir-akhir ini di Kota Kupang
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (UIW NTT) mencatat sebanyak lebih dari 60 titik gangguan listrik terjadi di Kota Kupang akibat cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang di wilayah itu.

"Ada lebih dari 60 titik gangguan listrik saat cuaca buruk akhir-akhir ini di Kota Kupang yang menyebabkan banyak pohon tumbang menimpa jaringan listrik," kata Manager Komunikasi PT PLN (Persero) UIW NTT Itha Yukuponi di Kupang, Rabu  (3/2).

Itha mengatakan hal itu berkaitan dengan dampak cuaca buruk terhadap pasokan listrik bagi masyarakat di wilayah Kota Kupang.

Ia menjelaskan puluhan titik gangguan listrik yang terjadi berupa 5 titik jaringan tegangan menengah, sekitar 56 titik jaringan tegangan rendah dan sambungan rumah.

Gangguan listrik juga terjadi saluran udara tegangan menengah (SUTM) namun sudah ditangani petugas di lapangan, katanya.

"Sementara gangguan pada tegangan rendah dan sambungan rumah sebagian sudah normal dan sebagai sedang dalam progress perbaikan," katanya.

Ia mengatakan pihaknya menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atau pelanggan listrik atas kendala pasokan listrik akibat kondisi cuaca ekstrem beberapa hari terakhir.

Petugas PLN, lanjut dia, terus mengupayakan perbaikan dan membersihkan jaringan yang terdampak pohon tumbang sehingga pasokan listrik saat ini mulai berangsur normal.

Ia juga meminta pengertian dan dukungan dari masyarakat agar merelakan pohon-pohon miliknya yang berada di sekitar jaringan listrik untuk dirapikan.

Baca juga: Merajut sinergi mewujudkan energi hijau dari sampah di Pulau Timor

Baca juga: PLN bantu fasilitas kebersihan untuk Labuan Bajo


"Pengertian baik dari masyarakat sangat penting agar gangguan pohon saat terjadi cuaca ekstrem bisa diminimalisir sehingga pasokan listrik tetap berjalan lancar bagi masyarakat sendiri," katanya.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar