OJK NTT dorong pemda bentuk TPAKD dorong pertumbuhan ekonomi

id NTT,OJK NTT,TPAKD,TPAKD Flores Timur,TPAKD Belu

OJK NTT dorong pemda bentuk TPAKD dorong pertumbuhan ekonomi

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Robert Sianipar. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Kami berharap pada 2020 ini dapat terbentuk TPAKD di semua daerah di NTT guna mempercepat akses keuangan bagi masyarakat atau pelaku usaha

Kupang (ANTARA) - Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Robert Sianipar, mendorong pemerintah daerah se-NTT membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah.

“Kami berharap pada 2020 ini dapat terbentuk TPAKD di semua daerah di NTT guna mempercepat akses keuangan bagi masyarakat atau pelaku usaha dalam mendorong pertumbuhan ekonomi,” katanya dalam keterangan yang diterima di Kupang, Minggu (11/10).

Ia menyebutkan, hingga saat ini baru terbentuk tiga TPAKD di NTT yakni TPAKD Provinsi NTT, TPAKD Kabupaten Flores Timur, dan TPAKD Kabupaten Belu.

Robert Sianipar menjelaskan, TPAKD memiliki peran strategis sebagai katalisator dalam berbagai program ekonomi yang direncanakan di antaranya fasilitas dan intermediasi penyaluran kredit ultra mikro (UMi) bagi usaha mikro kecil dan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Hal ini, lanjut dia, sebagai bentuk implementasi program tematik penyelarasan bisnis di NTT, digitalisasi Badan Usaha milik Desa (BUMDes) Center di wilayah NTT serta percepatan dan perluasan gerakan NTT menabung melalui program Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar) serta program kredit pembiayaan melawan rentenir.

“Karena itu perlu kehadiran TPAKD di setiap daerah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan masyarakat NTT,” katanya.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Provinsi NTT, Samuel Rebo, mengatakan kehadiran TPAKD memiliki peran penting dalam proses meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat melalui inklusi dan literasi keuangan.

Ia mengatakan, TPAKD juga dapat mendorong pertumbuhan wirausaha baru di NTT sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan.

“Dengan akses keuangan yang maka pelaku usaha dapat meningkatkan daya saing global, peningkatan akses pasar serta permodalan ke lembaga jasa keuangan,” katanya.

Baca juga: Flores Timur bentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah
Baca juga: Pengamat nilai positif rencana BI-OJK NTT bentuk TPAKD

Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar